Capital Market & Investment

WIR Group Bukukan Pendapatan Rp672,6 Miliar di Kuartal I/2024

WIR Group Bukukan Pendapatan Rp672,6 Miliar di Kuartal I/2024

WIR Group (PT Wir Asia Tbk), mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang mencapai Rp672,6 miliar, meningkat 8,1% dari Kuartal I/2023. Laba bersih perseroan juga mengalami pertumbuhan 11,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp28,9 miliar.

Michel Budi Wirjatmo, Direktur Utama PT Wir Asia Tbk mengatakan, peningkatan laba bersih ini dapat diatribusikan pada efisiensi beban operasional serta pertumbuhan pendapatan berkelanjutan dengan tetap konsisten dalam menjaga profitabilitasnya. Pendapatan yang meningkat ini dipicu oleh strategi ekspansi dalam solusi digital berbasis platform.

Selama Kuartal I/2024, perusahaan berinovasi, khususnya dalam bidang AR dan Web 3.0. Beberapa inovasi yang diluncurkan antara lain Nusa Studio untuk creator dan kurikulum sekolah, Nagara Blockchain oleh Nusameta, dan Hijrah Groceries oleh Mindstores yang memudahkan nasabah dari Bank Muamalat dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kolaborasi dengan mitra bisnis dari berbagai industri, termasuk industri pendidikan, juga menjadi pendorong pertumbuhan, di antaranya kerja sama Nusameta dengan Binus University dalam peluncuran Nusameta Borobudur untuk mendorong wisata digital, kerja sama Nusameta dengan Sekolah Santa Angela Bandung dalam merilis Angelaverse untuk memperkaya sarana belajar berbasis teknologi.

Kolaborasi Nusameta dengan Universitas Bunda Mulia dalam mendukung program studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interaktif melalui Metaverse dengan menghadirkan Nusa Studio bagi para mahasiswa, serta kemitraan dengan Sampoerna University terkait autentikasi ijazah berbasis blockchain.

Solusi platform digital perseroan, yang mencakup penjualan barang, komisi transaksi, promosi, dan iklan, menyumbang sebesar 93,9% dari total pendapatan. Pendapatan dari segmen ini meningkat 7,7% menjadi Rp631,5 miliar dibandingkan dengan kuartal pertama tahun sebelumnya. Laba usaha naik tipis 1,8% menjadi Rp42,1 miliar, dengan marjin laba usaha yang stabil di 6,3%.

Perseroan juga berhasil mencatat EBITDA positif sebesar Rp47,2 miliar selama kuartal pertama tahun 2024 merupakan hasil dari strategi pertumbuhan yang berfokus pada pengembangan dan optimalisasi solusi bisnis berbasis teknologi imersif, Web 3.0, dan Metaverse, terutama dalam platform solusi digital yang sangat dapat diskalakan.

“Kami optimistis dapat mempertahankan pertumbuhan positif dan berkelanjutan dengan terus mengembangkan solusi berbasis teknologi yang inovatif dan adaptif terhadap kebutuhan pasar yang terus berkembang,” ujarnya dalam siaran pers di Jakarta (01/05/2024).


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved