Trends

IOH Catat Pertumbuhan Cemerlang di Semua Lini Bisnis di Kuartal 1 2024

IOH Catat Pertumbuhan Cemerlang di Semua Lini Bisnis di Kuartal 1 2024
Vikram Sinha, President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchinson

Tiga bulan pertama tahun 2024, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat total pendapatan Rp 13.835 miliar, meningkat 15,8% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY). Sementara itu, EBITDA tumbuh lebih cepat dari pendapatan, meningkat 22,1% YoY menjadi Rp 6.509 miliar. Kinerja keuangan yang cemerlang ini, mendorong peningkatan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0% dan menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk, sebesar Rp 1.295 miliar, naik 39,4% dari tahun sebelumnya (YoY).

"Pencapaian kuartal pertama 2024 ini mencerminkan komitmen Indosat untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, serta memperkuat ekonomi digital Indonesia. Kami terus meningkatkan jaringan kami untuk memastikan konektivitas yang lancar dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Kami juga meningkatkan keunggulan operasional dan efisiensi secara signifikan, yang memungkinkan kami meraih pertumbuhan pendapatan dan terus meningkatkan profitabilitas", ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Pada akhir kuartal pertama tahun 2024, jumlah pelanggan Indosat meningkat 2,3% YoY, mencapai 100,8 juta pelanggan. Pertumbuhan ini berkontribusi pada lonjakan trafik data sebesar 14,3% YoY menjadi 3.858 Petabytes (PB), seiring dengan investasi strategis dalam meningkatkan infrastruktur jaringannya. Sepanjang kuartal pertama, jumlah BTS 4G Indosat meningkat sebesar 20,8% YoY menjadi 184 ribu yang berkontribusi pada lonjakan ARPU (Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna) sebesar 13,9% YoY untuk pelanggan seluler, yang mencapai Rp 37.500.

Indosat juga mencatat peningkatan trafik data yang signifikan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, naik 34,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Selain peningkatan trafik data, terjadi pertumbuhan yang menjanjikan dalam jumlah pelanggan yang bertambah 16,8% YoY menjadi lebih dari 2,4 juta pelanggan berkualitas.

Melanjutkan strategi perluasan jaringannya ke berbagai pelosok pedesaan, di sepanjang kuartal pertama 2024 tercatat jumlah BTS 4G Indosat meningkat 35,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Saat ini terdapat lebih dari 7.200 BTS 4G yang tersebar di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Pada Q1 2024, Indosat mengalami peningkatan Outlook dari “Stabil” menjadi “Positif” oleh lembaga pemeringkat internasional, Fitch, dan mempertahankan peringkat kredit AA+(idn). Perusahaan juga menerima peringkat idAAA (Stabil) dari Pefindo.

Dalam beberapa minggu terakhir, ISAT masuk ke dalam Indeks LQ45 sebagai salah satu indeks paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ini mencerminkan kondisi keuangan yang solid dan prospek pertumbuhan yang sangat baik, dengan nilai transaksi tinggi dan frekuensi yang tinggi di pasar modal Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved