Trends

ADGI Dorong Desainer Grafis Lebih Kritis Tentang Dampak Sosial

Memperingati Hari Desain Internasional 2024 yang jatuh pada 27 April lalu, Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) menggelar acara serentak di enam kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, dan Makassar.

Hari Desain Internasional 2024 kali ini bertema 'Is it kind?' yang merupakan refleksi dari bagaimana praktik desain dapat digunakan untuk menyebarkan kebaikanyang diinisiasi oleh The International Council of Design (ICoD).

Ritchie Ned Hansel, Ketua Umum ADGI, menyatakan tema ini diambil agar bisa mendorong designer berpikiran kritis tentang dampak sosial karya mereka. “Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan bahwa desain bukan hanya tentang estetika, tetapi juga tentang membangun dunia yang lebih baik dan lebih berempati,” kata dia.

Kegiatan selama satu hari tersebut terdiri dari seminar dan pameran yang tidak hanya menampilkan karya desain, tetapi juga mengeksplorasi cara-cara di mana desain dapat berkontribusi pada masyarakat yang lebih baik dan lebih ramah.

Ritchie menjelaskan ADGI Chapter Jakarta menggelar diskusi bertajuk Designing Responsibly dengan menghadirkan Rony Rahardian yang merupakan Founder & Principat Onyxstudio dan Kickyourbutt Project, serta Nina Sharafina, Founder & Creative Director NStudio.

Sementara itu, ADGI Chapter Bandung menyelenggarakan rangkaian diskusi bertema Design & Inclusivity dan Meaningful Creation, serta mengumumkan pameran desain grafis bertemakan kindness. ADGI Chapter Yogyakarta menggelar diskusi mengenai proses mendesain kota yang lebih ramah bertajuk Designer for Livable City yang menghadirkan pembicara M. Arief Budiman yang adalah CEO Petakumpet Creativerse, Dimas Nurcahyo, Founder Macmuro Studio), dan Ahmed Syahda, Ketua Komunitas Transport for Yogyakarta.

“Acara ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat luas tentang pentingnya empati dalam desain dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan industri kreatif di Indonesia,” kata dia menutup pembicaraan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved