Capital Market & Investment

Kunci Jasa Marga Raup Laba Bersih Rp585,92 Miliar pada Kuartal I/2024

Kunci Jasa Marga Raup Laba Bersih Rp585,92 Miliar pada Kuartal I/2024
Gedung Jasa Marga (Dok. Jasa Marga)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, berhasil berhasil menutup kinerja keuangan Kuartal I/2024 dengan pendapatan usaha sebesar Rp4,21 triliun atau tumbuh 24,35% dari periode yang sama tahun 2023. Dari total pendapatan tersebut, kontribusi dari pendapatan tol mencapai Rp3,92 triliun dan pendapatan usaha lain sebesar Rp293,88 miliar.

Perseroan juga berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp585,92 miliar, tumbuh 14,43% jika dibandingkan dengan Kuartal I/ 2023. "Realisasi EBITDA juga terjaga, yaitu mencapai Rp2,75 triliun, dengan realisasi EBITDA margin yang lebih baik dibandingkan dengan Kuartal I/2023 yaitu mencapai level 65,30% di tengah pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru," ujar Nixon Sitorus, Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga dalam keterangan pers (02/05/2024).

Nixon menjelaskan, perseroan juga melakukan konsolidasi kembali atas tiga ruas Jalan Tol Transjawa yakni PT Jasamarga Semarang Batang, PT Jasamarga Solo Ngawi dan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri, yang dilakukan sejak Juli 2023 juga turut memengaruhi pencapaian positif di periode ini.

Jasa Marga masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.264 KM yang merepresentasikan 47% jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia serta total konsesi jalan tol yang dikelola mencapai 1.736 KM.

Nixon menambahkan, dari sisi pengoperasian jalan tol baru, di awal Januari 2024, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, termasuk Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 KM yang dikelola oleh PT Cinere Serpong Jaya, yang termasuk dalam kelompok usaha Jasa Marga Group.

"Pada Kuartal I /2024, Jasa Marga juga telah mengimplementasikan sejumlah penyesuaian tarif tol di antaranya yaitu Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) dan pemberlakuan serta sekaligus penyesuaian tarif untuk Jalan Tol Serpong-Cinere," tambahnya.

Dalam mengelola projek jalan tol baru, perseroan berkomitmen untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dengan seoptimal mungkin, tetap mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol secara bertahap

Saat ini, perseroan memiliki beberapa projek yang tengah berjalan yaitu, jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, Tol Yogyakarta-Bawen, Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dan Tol Akses Patimban.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved