Trends

LPS Dorong Industri Musik Tanah Air untuk Ciptakan Perekonomian yang Stabil

LPS Dorong Industri Musik Tanah Air untuk Ciptakan Perekonomian yang Stabil

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berkolaborasi dengan para musisi seperti Candra Darusman, Yovie Widianto, Cantika Abigail untuk menggelar event kompetisi musik bertajuk LPS Music. Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa, mengatakan bahwa salah satu upaya untuk menciptakan perekonomian yang stabil adalah dengan mendorong semua sektor ekonomi. Salah satunya sektor industri kreatif yang di dalamnya adalah sektor musik.

“Saya kira jika LPS bisa mendorong sektor musik Indonesia, dimana industrinya maju, musisinya maju, apalagi jika kita bisa menjadi raja di negeri sendiri bahkan ke luar negeri itu akan sangat baik, yang pada ujungnya perekonomian juga akan maju,” ujarnya (02/05/2024). Dia juga menjelaskan, zaman dulu banyak musisi yang tidak kalah saing dengan musisi luar negeri.

Menurutnya, jika LPS bisa mendorong majunya permusikan di Indonesia, maka perputaran uangnya akan besar. “Diharapkan nantinya, musik Indonesia bisa ekspor seperti halnya musik Korea. Dengan begitu, ekonomi akan stabil dan LPS bisa tetap aman.” Di sisi lain, musisi legendaris Indonesia sekaligus mentor utama LPS Music, Candra Darusman mengatakan bahwa acara ini ditujukan untuk menciptakan bintang-bintang baru musik Indonesia. “LPS music adalah hilirisasi SDM dalam bidang musik, agar mereka menjadi berlian yang mengkilap dan menarik demi musik Indonesia, apresiasi kami untuk LPS,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) sekaligus musisi ternama Indonesia, Yovie Widianto, keterlibatan pemerintah dalam mendorong kemajuan sektor industri kreatif, khususnya musik Indonesia memang sangat diperlukan, terutama karena menurutnya, pengembangan industri kreatif itu memang dari musik, sebab musik dikatakannya mempunyai unsur viralitas tinggi.

“Ayo kita besarkan industri kreatif Indonesia, dan langkah LPS ini adalah sebuah langkah upaya yang harus kita dukung dan apresiasi. Tentunya FESMI mendukung sekali agar semakin banyak musisi yang maju, semakin sejahtera dan kita menjadi semakin baik,” jelasnya.

LPS Music akan dikemas dengan kegiatan workshop, pembimbingan/coaching, kompetisi dan penghargaan. Program ini dimaksudkan untuk memberikan kegiatan yang positif dan produktif kepada generasi muda Indonesia sehingga dapat menggunakan waktunya diluar jam pelajaran atau jam bekerja dalam bentuk kegiatan bermusik.

Nantinya, LPS Music akan mencari 30 Group pada wilayah Jabotabek, Banten dan Jawa Barat. “Semoga melalui program ini, kita bisa melihat musisi baru yang bisa tampil di panggung nasional dan internasional,” kata dia menutup pembicaraan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved