Marketing

Beriklan 7 Kali Lebih Efektif di Retail Media Network

Chaiyren Olivia Herman, Associate Director Kantar dan Roy Nugroho, Direktur Grab For Business, Grab Indonesia.

Retail Media Network (RMN) atau jaringan media ritel merupakan salah satu saluran periklanan yang paling penting untuk para pemasar di Indonesia. Dengan proyeksi pertumbuhan CAGR (compound annual growth rate/laju pertumbuhan tahunan) tertinggi di Asia Tenggara, belanja iklan RMN di Indonesia diproyeksikan melonjak 219% antara 2023 hingga 2030, dengan CAGR mencapai 13,41%. Angka ini menandakan pentingnya RMN sebagai platform utama untuk beriklan bagi brand dan pemasar di Indonesia, dengan pertumbuhan hampir dua kali lipat dibandingkan proyeksi global.

GrabAds, layanan iklan dari Grab, dan Kantar, salah satu perusahaan riset terkemuka di bidang periklanan, merilis kajian mengenai RMN dalam ekosistem ritel. RMN menggunakan data pihak pertama untuk menciptakan iklan yang tepat sasaran dan relevan bagi konsumen tertentu, mencakup berbagai platform seperti situs web, aplikasi, e-commerce, dan jaringan sosial.

Dengan memanfaatkan data unik pengguna, RMN mampu mengoptimalkan kampanye iklan dan menyajikan pengukuran yang akurat terhadap efektivitasnya. Hal ini memungkinkan pengiklan untuk menyasar konsumen dengan lebih tepat dan menilai langsung dampak iklan saat konsumen melakukan pembelian.

GrabAds dan Kantar meramalkan peningkatan investasi iklan di RMN oleh brand di Asia Tenggara pada tahun ini. Pertumbuhan belanja iklan dari tahun ke tahun itu diproyeksikan naik sebesar 11% pada 2030 atau lebih tinggi dari 8% di 2024. Ini menegaskan peran penting RMN dalam strategi pemasaran di era digital yang terus berkembang. “RMN berhasil menduduki peringkat pertama dalam hal ekuitas iklan di berbagai media, di atas konten influencer dan iklan podcast. Ekuitas iklan mengukur seberapa baik pesan iklan diterima konsumen, dan kampanye iklan dengan ekuitas iklan positif terbukti berdampak 7 kali lebih efektif,” jelas Chaiyren Olivia Herman, Associate Director Kantar pada pernyataan tertulis seperti dikutip swa.co.id pada Senin (6/5/2024).

Berbeda dengan varian RMN lainnya yang terbatas pada tahapan pembelian tertentu, RMN pada superapp seperti Grab memiliki jangkauan yang lebih luas, mencapai konsumen di semua tahap perjalanan pembelian, mulai dari pengenalan produk hingga pembelian. Ini membawa konsumen ke dalam pengalaman berbelanja omnichannel yang menggabungkan toko fisik dan online.

Fakta menarik lainnya adalah bahwa 79% pembeli di Asia Tenggara telah menggunakan saluran online dan offline. Penggunaan kedua saluran ini tidak hanya meningkatkan kemungkinan penerimaan iklan positif sebesar 5%, tetapi juga menunjukkan kecenderungan konsumen untuk mencari transaksi yang lancar dan nyaman yang memenuhi kebutuhan mereka dengan cepat.

Peningkatan pangsa RMN dalam bauran media pemasaran selama 7 tahun ke depan didorong oleh karakter pasar yang dinamis di Asia Tenggara. Studi dari GrabAds dan Kantar mengungkapkan bahwa 2 dari 3 orang Asia Tenggara menganggap penting memiliki produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Bahkan, sebanyak 61% dari mereka menyatakan bahwa memiliki produk atau layanan yang dapat mengantisipasi kebutuhan mereka sangat penting, persentase yang lebih tinggi dari rata-rata global sebesar 52%.

Ekosistem full-funnel dari offline ke online (O2O) didukung oleh data pihak pertama, superapps RMN menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern yang cerdas dan terkoneksi secara digital di Asia Tenggara. “Melalui solusi periklanan, GrabAds, kami dapat menawarkan iklan yang sangat personal di setiap titik sentuh perjalanan konsumen di Indonesia, dengan memahami perilaku belanja mereka yang cenderung mencari perpaduan yang tepat antara pengalaman berbelanja online dan offline. Pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen ini sangat penting bagi brand yang ingin melibatkan masyarakat Indonesia yang sangat mobile-savvy dan mengutamakan aspek kenyamanan,” ungkap Roy Nugroho, Direktur Grab For Business, Grab Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved