Automotive

AIMA Berencana Bangun Pabrik Kendaraan Listrik di Indonesia

Booth AIMA di pameran Asia Bike, JIEXPO di Jakarta. (Foto : AIMA).

Kementerian Perindustrian mencatat empat perusahaan mobil listrik di Indonesia tercatat memiliki kapasitas produksi sebanak 44 ribu unit per tahun. Data per Maret 2024 itu menyebutkan nilai investasi di keempat perusahaan otomotif ini senilai Rp 3,27 triliun. Sedangkan untuk sepeda motor listrik sebanyak 54 perusahaan dengan kapasitas 1,51 juta unit per tahun dengan total investasi Rp 0,831 triliun. Perusahaan otomotif global berlomba-lomba untuk memproduksi mobil dan sepeda motor listrik di Indonesia. AIMA, misalnya, menjajaki untuk membangun basis produksi di Indonesia.

Ma Faming, Manajer Umum Proyek Teknologi AIMA Group di Indonesia, menyampaikan AIMA berencana membangun basis produksi di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan lokal pengguna dalam pengembangan produk, pasokan, dan layanan. “Secara efektif meningkatkan kekuatan kompetitif komprehensif merek AIMA di pasar Indonesia sehingga dapat

memasuki seluruh pasar Asia Tenggara. Investasi dan pembangunan pabrik AIMA di Indonesia akan meningkatkan model operasi AIMA, pengembangan pasar, meningkatkan merek dan secara efektif meningkatkan kepercayaan dealer lokal dan membuka jalan bagi pengembangan AIMA di pasar Asia Tenggara,” tutur Ma Faming di sela-sela Pameran Asia Bike di Jakarta International Convention and Exhibition Center (Jiexpo) pada Selasa (30/4/2024).

AIMA berpartisipasi pameran ini yang menyodorkan beragam kendaraan listrik, yakni kendaraan modis dan berteknologi tinggi seperti Luna, Meta Pro, Mach Pro, SkyStride, dan HiHawk. Menurut data dari Asosiasi Sepeda Tiongkok, Tiongkok adalah eksportir kendaraan listrik roda dua terbesar di dunia. Sebesat 80% kendaraan roda dua listrik dunia diproduksi di Tiongkok, dan 90% rantai industri kendaraan listrik roda dua terkonsentrasi di Tiongkok, dan 100% kendaraan roda dua listrik di dunia diproduksi di Tiongkok. Orisinalitas teknis juga berasal dari Tiongkok.

Hal ini karena didorong oleh dua faktor yaitu dukungan dari kebijakan dan meningkatnya permintaan pasar di luar negeri. Adapun, pasar otomotif di Indonesia berpotensi besar menyerap produk kendaraan listrik lantaran populasi penduduknya sebanyak 276 juta jiwa. Jumlah sepeda motor di Indonesia terdapat 130 juta sepeda motor, dan tingkat kepemilikan sepeda motor mencapai 50%. Namun pada saat yang sama, pemerintah Indonesia mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan industri energi baru dan terbarukan

Di bawah panduan kebijakan seperti inisiatif One Belt One Road dan 14th 5 year plan, AIMA telah membangun model bisnis baru di luar negeri melalui transformasi strategis teknologinya sendiri, memahami secara mendalam kebutuhan pengguna di luar negeri, dan secara akurat memahami kelemahan mereka. Selama bertahun-tahun, AIMA berkomitmen menyediakan produk yang bagus, mudah digunakan, dan sepadan kepada pengguna.

AIMA disertifikasi oleh Frost & Sullivan sebagai kendaraan roda dua listrik terkemuka di dunia. "Kami akan mempromosikan kerja sama internasional dan penerapan pembangunan merek lokal, mempercepat inovasi teknologi komponen inti, dan berupaya membangun merek kendaraan listrik roda dua terkemuka di dunia." Luo Jian Gang, Manajer Umum Bisnis Internasional Grup Teknologi AIMA.

Pada debut perdana di Pameran Asia Bike Jakarta Indonesia ini, AIMA menghadirkan kendaraan-kendaraan stylish dan berteknologi tinggi seperti Luna, Meta PRO, dan produk lainnya yang sejalan dengan kebijakan lokal dan kebutuhan pengguna. AIMA juga akan mengembangkan dan memproduksi kendaraan yang modis, berteknologi maju sesuai dengan kebutuhan pengguna di Asia Tenggara. Selain itu, AIMA juga memperhatikan kenyamanan, keamanan dan memberikan nilai yang sepadan untuk para penggunanya.

AIMA mengundang Mixue, merek yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, untuk mengadakan kolaborasi. Pada saat yang sama, Snow King juga diundang ke lokasi pameran untuk menyajikan minuman dingin pelepas dahaga kepada para peserta pameran Asia Bike ini.

Pada awal tahun 2015, AIMA telah meluncurkan strategi globalisasi dengan membuka toko utama pertama industri kendaraan listrik Tiongkok di Swiss, sebuah negara yang melambangkan teknologi manufaktur kelas atas Eropa. Pada tahun 2020, negara tersebut menjadi perusahaan

teknologi perjalanan nyaman terkemuka di dunia. Pada 2022, AIMA bekerja sama dengan desainer logo Apple, Rob Janoff untuk menyelesaikan penyegaran citra muda dan modis dari sistem VIS merek Fashion AIMA Travel Free. AIMA di 2023 bekerja sama dengan otoritas warna internasional PANTONE untuk menciptakan warna yang lebih stylish ke depannya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved