Automotive

Gebrakan Xiaomi, Rilis 10 Ribu Mobil Listrik

Xiaomi resmi mencapai produksi 10.000 unit mobil listrik. (dok Xiaomi)

Akhir Maret 2024, Xiaomi, raksasa ponsel asal Tiongkok, menggebrak pasar dengan peluncuran mobil listrik SU7. Hebatnya, hanya dalam waktu satu bulan pasca peluncuran, perusahaan ini telah mengumumkan prestasi membanggakan: memproduksi sebanyak 10 ribu unit mobil listrik. “Hanya 32 hari setelah peluncuran Xiaomi SU7, pabrik Xiaomi kami telah mencapai tonggak produksi 10.000. Terima kasih, saya sangat senang Xiaomi SU7 diterima dengan baik,” kata Founder dan CEO Xiaomi Lei Jun dalam akun X pribadinya, dikutip Jumat (3/5/2024).

Lei Jun juga mengungkapkan bahwa hingga 30 April lalu, perusahaan telah mengirimkan 7.058 unit mobil listrik SU7 dari total pemesanan yang mencapai 88.063 unit. Dia menegaskan upaya perusahaan untuk meningkatkan produksi dan mempercepat pengiriman guna mencapai target. “Target kami tahun ini dapat mengirimkan 100.000 unit,” ungkapnya.

Saat ditanya mengenai ekspor ke Dubai dan negara Timur Tengah lainnya, Lei mengaku saat ini perusahaan masih fokus pada pemenuhan pasar domestik Tiongkok. “Namun visi jangka panjang kami adalah menghadirkan Xiaomi EV di seluruh dunia,” kata Lei.

Dibanderol dengan harga antara 215.900 Yuan hingga 299.900 Yuan, mobil listrik Xiaomi menjadi pilihan yang menarik. Desain SU7 merupakan hasil kolaborasi tim yang dipimpin oleh Ketua Desain Xiaomi, Li Tianyuan, yang sebelumnya berpengalaman di BMW.

Dalam sistem pengemudi, Xiaomi memberikan dua opsi, Xiaomi Pilot Pro dan Xiaomi Pilot Max. Xiaomi Pilot Pro mengandalkan teknologi penglihatan murni dan menggunakan chip Nvidia Drive Orin, mirip Tesla, sedangkan sistem Xiaomi Pilot Max menggabungkan visi murni dengan teknologi lidar. Perlahan tapi pasti, Xiaomi memang bukan hanya jagoan ponsel. Aspal pun dijelajahinya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved