Property

Saat Summarecon Mulai Membidik Karawang

Saat Summarecon Mulai Membidik Karawang
Hindarko Hasan, Executive Director PT Summarecon Agung Tbk.

Kondisi makro bisnis properti yang belum sepenuhnya rebound tak menciutkan nyali manajemen PT Summarecon Agung Tbk. untuk mengepakkan sayap, mengembangkan proyek properti baru. Jagoan properti yang dikenal sebagai “Raja Kawasan Kelapa Gading” ini mulai mengarahkan bidikannya ke Karawang, Jawa Barat.

Setelah sukses penetrasi di Kelapa Gading, Serpong, dan Bogor, grup properti yang dikendalikan keluarga Soetjipto Nagaria ini diam-diam mulai intens menggarap pasar properti di Karawang. Yakni, dengan mengembangkan hunian modern di lahan seluas 40 hektare berbendera Summarecon Emerald Karawang.

Summarecon Emerald Karawang didesain sebagai kawasan hunian terpadu dalam klaster, lengkap dengan club house dan berbagai fasilitas komersial dan hiburan, serta dirancang menjadi hunian ikonik di Karawang Timur sebagaimana project Summarecon lainnya. “Saat ini sudah terbangun lima klaster dengan jumlah hunian sebanyak 1.033 unit, 88 unit ruko Sapphire Commercial, dan Summarecon Villaggio Outlets,” kata Hindarko Hasan, Executive Director PT Summarecon Agung Tbk.

Tampaknya, manajemen Summarecon sudah melihat tanda-tanda pasar Karawang Timur makin menjanjikan. Terutama, dengan bermunculannya banyak kawasan industri besar di sana dan membaiknya pengembangan infrastruktur.

Tak salah, Karawang kini memang sudah menjadi salah satu kawasan industri terbesar di Asia Tenggara dengan banyaknya industri besar skala nasional dan internasional yang berbasis di sana. Terlebih setelah Karawang juga sudah lebih mudah dicapai melalui Exit Tol Karawang Timur setelah beroperasi Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ) Jakarta-Cikampek.

Untuk menghadapi persaingan properti yang ketat ‒di sekitar wilayah tersebut sudah banyak kawasan hunian yang dijual oleh kompetitor‒ Summarecon Emerald mencoba mengambil diferensiasi dengan beberapa keunikan. Tentunya, dalam rangka menarik minat beli konsumen.

“Kami kembangkan konsep kawasan teduh hijau nan eksklusif. Di sana kami menanam lebih dari 2.600 pohon besar untuk menjadikannya sebagai kawasan hijau,” kata Hindarko. Jadi, dihadirkan pepohonan, baik di klaster, jalan kawasan, dan taman. Ruang-ruang outdoor berupa Taman Beringin, area bermain untuk anak-anak, dengan keteduhan pohon di kawasan Summarecon Emerald Karawang, diharapkan membuat warga nyaman melakukan aktivitas di luar ruang.

Dengan konsep itu, diharapkan warga menjadi nyaman untuk melalukan hangout, sarapan dan aktivitas menikmati makanan-minuman lainnya, bahkan bekerja dengan laptop. Semua bisa dilakukan dengan nyaman, aman, serta sehat di luar rumah.

Terlebih, Summarecon Emerald Karawang juga dilengkapi fasilitas komersial yang terintegrasi. Salah satu langkah pentingnya, menghadirkan Summarecon Villaggio Outlets, konsep ritel baru yang diresmikan pada akhir 2023. Outlets ini diposisikan sebagai destinasi belanja terbaru berkonsep outlet dalam suasana bergaya Eropa.

Dengan konsep itu, Summarecon Villaggio Outlets terbukti menarik minat masyarakat untuk datang dan hingga kini sangat ramai dikunjungi. Konsumen bisa dengan mudah berbelanja berbagai brand fashion dan menikmati makanan di beberapa resto di Summarecon Villaggio.

Di sana juga sudah dibangun Ruko Sapphire Commercial Summarecon Emerald Karawang yang dilengkapi Kabita (Karawang Bite and Culinary), taman kuliner yang berisi tenant-tenant makanan, minuman, sampai bahan pangan segar.

Tampaknya, upaya itu tak bertepuk sebelah tangan karena cuan dari jualan properti di sana mulai merangkak naik. Dibantu dengan berbagai program promosi menarik menggunakan media digital, kawasan ini makin dikenal. Tahun 2023 Summarecon sudah mampu mendapatkan revenue sebesar Rp 40,4 miliar dari Emerald Karawang. Revenue itu didapat dari penjualan properti hunian dan ruko komersial.

Hindarko menjelaskan, ke depan pihaknya terus akan melengkapi fasilitas kawasan agar semakin memudahkan penghuni dalam memenuhi kebutuhan. Summarecon Emerald Karawang akan mengembangkan konsep properti hunian dan properti komersial secara beriringan.

Pembukaan Summarecon Villaggio Outlets sejak akhir 2023 diyakini mempercepat perkembangan kawasan tersebut. Dan, tentu pihaknya akan terus menanam pohon di kawasan untuk memperkuat positioning sebagai kawasan dengan lingkungan hijau.(*)

Sudarmadi; Reporter: Darandono


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved