Automotive

Kymco Tambah 50 Titik Penukaran Baterai

Foto : Kymco.

Kymco iONEX membuat langkah strategis. Guna memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik terhadap fasilitas pendukung penggantian baterai kendaraan listrik, Mereka memperluas jaringan Battery Swap Station (BSS). Kymco iONEX BSS ini telah digunakan oleh ribuan pengendara motor listrik di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi (Jatabek) dan mencapai 600.000 kali operasi penukaran baterai di tahun 2023, menurut data iONEX System Management.

Saat ini, BSS telah hadir di 40 titik strategis bekerja sama dengan entitas besar seperti Grab, KFC, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN), menawarkan aksesibilitas 24/7 yang aman dan nyaman untuk pengguna kendaraan listrik. Penentuan lokasi BSS ini berdasarkan pertimbangan kemudahan akses wilayah, dapat diakses setiap waktu serta tingkat keamanan dan kenyamanan ketika konsumen melakukan penggantian baterai. “BSS akan terus kami perluas demi memenuhi kebutuhan pelanggan, target kami di tahun 2024 ini akan membuka BSS di 50 titik strategis di wilayah JaTaBek” ungkap Chen Jun Lung pada keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Perluasan BSS oleh Kymco iONEX merupakan salah satu dukungan kepada kebijakan pemerintah yang mendorong adanya skema pembelian kendaraan bermotor listrik tanpa baterai, yaitu dengan konsep tukar baterai atau swap battery. “Kymco iONEX BSS mengedepankan keamanan, kecepatan dan tanpa waktu tunggu serta kenyamanan untuk pelanggan” ucap Lung.

Stasiun penukaran baterai ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional bagi pengemudi ojek online, dengan kemampuan untuk mengisi daya baterai hingga 80% hanya dalam waktu satu jam, dan membutuhkan waktu dua jam untuk pengisian penuh. Selain itu, proses penukaran baterai di stasiun dapat dilakukan dalam waktu hanya 10 detik, dengan sistem yang memungkinkan pengguna untuk menukar baterai hampir habis dengan yang sudah terisi penuh secara otomatis.

Pelanggan hanya perlu memasukkan baterai yang sudah mendekati 20%, dan BSS akan otomatis mengeluarkan baterai yang sudah terisi penuh. Pelanggan tidak perlu lagi melakukan scan barcode ataupun membuka aplikasi untuk mekakukan penukaran baterai. BSS Kymco iONEX beroperasi 24 jam per hari,tujuh hari dalam seminggu dengan penyeimbangan beban dan cadangan tenaga di bawah pengelolaan cloud milik iONEX System Management untuk memastikan operasi otonom yang aman dan nyaman. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved