Technology

Rekor, Bibit Diunduh 10 Juta Kali

Ilustrasi foto : Istimewa.

Hingga 6 Mei 2024, aplikasi Bibit.id telah diunduh sebanyak 10 juta kali di Google Play, menjadikannya aplikasi investasi digital pertama di Indonesia yang meraih pencapaian ini. Angie Anandita Tjhatra, Head of Marketing Bibit, mengungkapkan apresiasi mendalam terhadap kepercayaan yang diberikan masyarakat Indonesia. "Pada Desember 2020, kami merayakan pencapaian satu juta unduhan di Google Play. Kami mencapai lebih dari 10 juta unduhan pada Senin pekan ini dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan para pengguna, investor ritel di Indonesia, yang berjalan dan tumbuh bersama kami selama ini," kata Angie di Jakarta, Selasa, 7 Mei 2024.

Lebih lanjut, Angie menjelaskan bahwa Bibit senantiasa berinovasi untuk memenuhi kebutuhan investasi masyarakat Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2019, Bibit dikenal sebagai aplikasi investasi reksa dana online yang memudahkan masyarakat membeli produk reksa dana terbaik secara aman, mudah, dan dengan minimal pembelian mulai dari Rp10 ribu.

Pada tahun 2024, Bibit telah membantu investor berinvestasi dalam berbagai kelas aset yang terdiversifikasi, termasuk reksa dana, surat berharga negara yang dapat dibeli di pasar primer dan sekunder, seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR), Fixed Rate (FR), Project Based Sukuk, serta saham.

Semua produk investasi, termasuk reksadana, saham, dan obligasi FR, tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), memastikan keamanan aset investor. "Bibit juga membuat investasi lebih inklusif. Misalnya, kini setiap orang bisa berinvestasi di produk Obligasi Fixed Rate di Bibit mulai Rp1 juta saja," tambah Angie.

Bibit pada tahun 2024 mempopulerkan strategi investasi bernama Systematic Investment Plan (SIP), yang mengombinasikan manfaat dari 'the power of compounding' dan Dollar Cost Averaging (DCA). SIP mewajibkan investor untuk secara rutin menyetor uang ke reksa dana dalam jumlah yang sama, sesuai dengan tujuan keuangan mereka. Misalnya, untuk membeli hunian impian dalam 10 tahun, SIP dapat membantu berinvestasi secara disiplin, mudah, fleksibel, dan dalam portofolio yang terdiversifikasikan.

Bibit membuat SIP semakin mudah dilakukan karena memungkinkan setiap investor berinvestasi reksa dana secara otomatis. Bibit menyediakan metode pembayaran Autodebit yang memungkinkan pendebetan saldo rekening investor secara otomatis untuk investasi reksa dana. Pilihan metode pembayaran juga cukup beragam, misalnya dengan RDN Wallet, GoPay, dan Bank Jago.

Dengan hanya beberapa klik, investor hanya perlu membuat portofolio investasi, memilih produk reksa dana yang mereka inginkan, mengisi nilai investasi yang hendak dicapai, mengatur jadwal investasi rutin, serta memilih metode pembayaran.

Angie menegaskan bahwa Bibit bertekad untuk membantu masyarakat Indonesia mencapai tujuan keuangan mereka dengan menggunakan strategi SIP. "Ke depannya, kami tentunya akan hadir dengan berbagai layanan dan inovasi yang membuat investasi di Bibit semakin aman, mudah, seamless, dan bisa membantu setiap individu membangun masa depan keuangan yang lebih baik," tutur Angie.

Di sisi lain, Bibit diapresiasi di berbagai ajang, seperti Mitra Distribusi (Midis) Surat Utang Negara (SUN) Ritel Terbaik Tahun 2022, Midis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel Terbaik Tahun 2022 dan 2023 Kategori Fintech serta Midis SUN Ritel Terbaik Kategori Fintech dan Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Tahun 2023 dari Kementerian Keuangan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved