Corporate Transformation

Prodia Widyahusada, Optimalkan Corsec dan Corcomm untuk Keberlanjutan Bisnis

Marina Eka Amalia, AVP Legal & Corporate Secretary PT Prodia Widyahusada Tbk.

Corporate secretary (corsec) atau sekretaris perusahaan memiliki peran yang penting di dalam perusahaan. Dalam praktiknya, corsec berjalan bersama corporate communication (corcomm) dan bagian environmental, social, and governance (ESG). Karena itu, PT Prodia Widyahusada Tbk. dikenal dengan nama “House of Corsec-Corcomm-ESG”.

Goal utamanya adalah optimalisasi Corsec dan Corcomm untuk keberlanjutan bisnis. Hal dilakukan agar perusahaan memiliki reputasi yang baik, dipercaya oleh pemegang saham (shareholders) dan pemangku kepentingan utama (key stakeholders), dan ada keberlanjutan bisnis.

“Dalam melakukan komunikasi dengan shareholder dan stakeholder, kami bergerak bersama-sama dengan Corcomm dan bagian ESG,” kata Marina Eka Amalia, AVP Legal & Corporate Secretary PT Prodia Widyahusada Tbk. Stakehoders perusahaan ini yaitu pemerintah, investor, media, key opinion leaders, mitra bisnis, pelanggan, dokter, dan komunitas.

Marina menjelaskan, ada sejumlah hal yang dilakukan Corsec Prodia pada 2023. Pertama, ESG Optimization, dengan membuat sustainability blueprint (ESG Roadmap) dan meningkatkan budaya ESG pada para pemangku kepentingan.

Sustainability blueprint (cetak biru keberlanjutan) akan berfungsi sebagai pedoman implementasi dan akan menjadi fokus ESG di tahun-tahun mendatang. Sustainability blueprint yang digunakan Prodia adalah untuk mencapai keberlanjutan sasaran jangka panjang. Adapun tujuannya, untuk mengintegrasikan praktik-praktik berkelanjutan ke dalam seluruh aspek operasional dan pengambilan keputusan, yang pada akhirnya bertujuan untuk mempertahankan keseimbangan antara kebutuhan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Dalam upaya membangun budaya ESG yang kuat, baik di internal stakeholders (Insan Prodia) maupun external stakeholders, Corsec menjalankan fungsinya dengan membuat ESG monthly highlight, ESG monthly quiz, supplier sustainable questionnaire, dan laporan gratifikasi.

Hal kedua yang dilakukan Corsec Prodia pada 2023 ialah membuat thematic corporate social responsibility (CSR). Kegiatan yang dijalankan dalam rangka ulang tahun Prodia yang ke-50 ini ada dua: pemeriksaan genetik gratis untuk anak kelainan langka dan screening talasemia gratis untuk 1.000 pelajar di Purbalingga, Jawa Tengah.

“Kegiatan pemeriksaan genetik gratis untuk anak kelainan langka ini meraih rekor MURI sebagai pemeriksaan genetik gratis pada odalangka (orang dengan kondisi langka) terbanyak se-Indonesia,” kata Marina.

Hal ketiga yang dilakukan Corsec Prodia pada tahun lalu adalah memaksimalkan peran komunikasi dengan membuat crisis communication guideline. Hal ini dibuat untuk memastikan ketangguhan Prodia pada situasi krisis, meningkatkan koordinasi dan komunikasi di internal, serta meningkatkan keterampilan komunikasi eksternal dengan media dan stakeholders.

Selain itu, Corsec Prodia juga memperkuat komunikasi lintas departemen agar koordinasi jadi lebih baik. Hal ini untuk memastikan keselarasan komunikasi yang disampaikan kepada berbagai pemangku kepentingan, seperti investor, media, dan pelanggan. Dibentuk pula Tim Brand Communication yang terdiri dari tim Corsec/Corcomm, Tim Komunikasi Pemasaran, dan Tim Hubungan Investor.

Hal lain yang dilakukan Corsec Prodia ialah membuat berita ter-update tentang kesehatan (daily healthcare news update). Berita ter-update ini bisa berguna bagi bagian lain di Prodia, seperti investor relations. (*)

Dede Suryadi


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved