CSR Corner

Sinergi Allianz, GIFT, dan doctorSHARE di Pulau-Pulau Terpencil Indonesia

Foto : Allianz.

Dalam langkah besar menuju kesehatan yang lebih inklusif, Allianz Regional Asia Pasifik bersama Global Institute for Tomorrow (GIFT) baru-baru ini menggulirkan inisiatif visioner, Ascent 2030. Program ini, yang bertema "Accelerating Healthcare for Indonesia’s Remote Island Communities" (Percepatan Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat di Pulau-pulau Terpencil Indonesia), dirancang untuk mengatasi tantangan kesehatan yang unik di daerah terisolasi.

Dalam kerjasama yang erat dengan doctorSHARE, Allianz dan GIFT mengembangkan konsep revolusioner Rumah Sakit Kapal. Tujuannya? Untuk membawa layanan medis yang sangat dibutuhkan ke pulau-pulau terpencil Indonesia yang sebelumnya tidak memiliki fasilitas kesehatan yang memadai. Kegiatan ini termasuk kunjungan ke RS Kapal Nusa Waluya II di Pulau Misool serta diskusi intensif dengan para pemangku kebijakan di Kabupaten Raja Ampat, bertujuan untuk menyusun rekomendasi yang akan meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan keberlanjutan layanan kesehatan tersebut.

Sejak tahun 2013, Yayasan Dokter Peduli telah memimpin upaya ini dengan mengoperasikan program Rumah Sakit Kapal, yang telah menjadi tulang punggung pelayanan kesehatan di pulau-pulau terpencil. Pada tahun 2024, doctorSHARE berencana mengoperasikan dua unit RS Kapal di lokasi strategis: Pulau Misool di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya, dan Pulau Benjina di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Tutuk Utomo, Managing Director doctorSHARE, mengomentari, “Kegiatan yang dilakukan Allianz bersama GIFT untuk melihat langsung pelayanan kesehatan di pulau terpencil merupakan sebuah inisiatif yang sangat baik.”

Tim Allianz dan GIFT, yang terdiri dari berbagai kebangsaan, telah melakukan penelitian lapangan yang mendalam, memberikan insight berharga yang membantu doctorSHARE meningkatkan strategi dan operasional mereka. Ini tidak hanya mempertajam efektivitas organisasi, tapi juga menyediakan model yang bisa diadopsi oleh stakeholder lain untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara lebih luas.

Alexander Grenz, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia, menyatakan, bahwa program Allianz Ascent 2030 adalah manifestasi dari komitmen mereka untuk membangun 'Purposeful Leadership' di Asia Pasifik. Ini bukan hanya tentang menjadi pemimpin; ini tentang memberikan dampak positif. “Bersama dengan GIFT dan doctorSHARE, kami terus berbagi dan memberikan manfaat yang positif kepada masyarakat. Kami terus berkomitmen untuk mengembangkan talent yang kami miliki dan memperkuat inisiatif terkait sustainability untuk masyarakat dimana kami beroperasi”, kata Alexander.

Program ini adalah bukti bahwa sinergi antar organisasi dapat menciptakan perubahan nyata dan bermakna, menghadirkan masa depan yang lebih sehat untuk masyarakat pulau terpencil Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved