Automotive

Sunra Kucurkan US$120 Juta untuk Motor Listrik

Foto : Sunra.

PT Sunra Asia Pacific Hitech (Sunra Indonesia) telah memulai pembangunan pabrik motor listrik di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah. Investasi sebesar US$120 juta telah dialokasikan untuk membangun pabrik yang diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2025. Dengan kapasitas produksi hingga 1 juta unit per tahun, pabrik ini ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang.

Zhang Chongshun, Chairman Sunra Group, menyatakan bahwa pembangunan pabrik di Indonesia merupakan langkah krusial untuk memastikan kualitas produk dan layanan purna jual. “Kami berharap dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap program pemerintah dan mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” kata Zhang seperti ditulis swa.co.id pada Kamis, 6 Mei 2024.

Pabrik di atas lahan 12,7 hektar ini dibangun dalam dua tahap, dengan total waktu konstruksi 18 bulan. Tahap pertama mencakup pembangunan area sebesar 100 ribu m². Setelah seluruh pembangunan pabrik selesai, Sunra Indonesia akan mengintegrasikan sumber daya rantai pasokan, menciptakan ekologi rantai pasokan, dan memungkinkan lebih banyak produsen pendukung untuk melakukan lokalisasi di Indonesia.

Fasilitas produksi akan meliputi empat proses utama, yaitu pembuatan rangka, pengelasan, pengecatan, dan perakitan akhir. Selain itu, pabrik akan dilengkapi dengan bengkel motor dan bengkel PACK baterai. Proyek ini tidak hanya meningkatkan investasi domestik dan pasokan kendaraan ramah lingkungan, tetapi juga membuka peluang pekerjaan baru, terutama untuk masyarakat lokal. Diperkirakan sekitar 1.500 tenaga kerja lokal akan terlibat dalam operasi pabrik.

Dengan proyek ini, Sunra diharapkan tidak hanya berinvestasi dalam infrastruktur, tetapi juga dalam masa depan transportasi berkelanjutan di Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved