Automotive

Jasa Inspeksi Mobkas Kian Diminati, Dokter Mobil Berekspansi

Ilustrasi foto : Istimewa

Layanan jasa inspeksi mobil di bengkel mobil bekas (mobkas) semakin diminati konsumen. Dokter Mobil Indonesia menyediakan layanan jasa inspeksi mobil bekas berjenama (brand) Chekko. Lung Lung, CEO Dokter Mobil Indonesia , mengatakan inspeksi mobil bekas secara detail dan menyeluruh menggunakan alat khusus, terutama untuk mengecek kondisi mesin, AC dan transmisi. Layanan ini tersedia di semua cabang Dokter Mobil by appointment. Minat konsumen cukup banyak untuk inspeksi mobil,” ujar Lung saat dihubungi pada Kamis, 9 Mei 2024.

Dokter Mobil Indonesia memiliki 35 cabang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan 1 bengkel di Malaysia. Perihal jasa inspeksi mobkas, Abyan Habib Yuntoharjo, Research Analyst PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, menyampaikan industri mobil bekas masih terus tumbuh meskipun angka penjualan mobil baru sedang tertekan. Informasi tersebut, lanjutnya, tercermin dari angka pembiayaan otomotif yang terus tumbuh stabil di atas 10% meskipun angka penjualan kendaraan khususnya kendaraan untuk penumpang (passenger car) baru turun sejak akhir 2023 hingga awal tahun ini.

Menurut dia, industri jual-beli mobil bekas relatif tak lekang zaman terutama karena secara alami seberapapun tingkat penjualan kendaraan mobil baru tentunya akan dijual juga oleh pemiliknya. “Ekosistem dari masing-masing pelaku industri mobil bekas juga dapat mendukung kinerjanya, sehingga semakin lengkap layanan dari satu perusahaan maka akan mendukung kinerja perusahaan tersebut. Demand konsumen akan meningkat untuk jasa inspeksi mobil dan industri mobil bekas bakal bertumbuh di periode mendatang,” ujar Abyan.

Guna mendorong laju bisnis, Dokter Mobil Indonesia menjalin kemitraan strategis dengan dua perusahaan besar dari Malaysia, yaitu Bateriku dan Wahdah Technologies. Ekspansi bisnis ini diharapkan memperluas jangkauan bisnis Dokter Mobil.

Bateriku merupakan perusahaan yang menjual battery (aki) mobil dengan lebih dari 1,3 juta pelanggan dan 200 cabang di Malaysia. Bateriku membawa keahliannya dalam penggantian aki mobil, derek, dan layanan perbaikan mobil lainnya pada kolaborasi bisnis ini. Bateriku juga menawarkan layanan tambahan seperti asuransi mobil, kemitraan dengan bengkel lokal, dan program pelatihan yang berstandar tinggi.

Wahdah Technologies, yang berbasis di Malaysia, adalah pemain utama di sektor penyewaan mobil. Dengan armada yang mencakup dari sedan kompak hingga truk, Wahdah Technologies memperluas jangkauan layanan mereka melalui sejumlah lokasi penyewaan di kota-kota besar Malaysia seperti Kuala Lumpur, Penang, Johor Bahru, Ipoh, dan Melaka.

Wahdah Technologies juga menyediakan layanan limusin, menawarkan solusi mobilitas yang eksklusif dan terintegrasi untuk pelanggan di seluruh daerah Malaysia. Kolaborasi antara Dokter Mobil Indonesia, Bateriku, dan Wahdah Technologies ini memperkuat ekosistem otomotif dan berpeluang memperluas jaringan dan layanan di Indonesia.

Lung mengapresasi kemitraan Dokter Mobil dan kedua perusahaan tersebut. “Kemitraan ini mengukuhkan komitmen kami dalam menyediakan layanan terbaik kepada pelanggan, serta memperkuat jaringan kami di tingkat regional. Bersama Bateriku dan Wahdah Technologies, kami yakin dapat menghadirkan inovasi dan pelayanan yang tidak tertandingi di industri otomotif," ujar Lung.

Dokter Mobil Indonesia, dan perusahaan dari Malaysia, yaitu Bateriku dan Wahdah Technologies, menjalin kolaborasi bisnis. (Foto : Dok).

Kolaborasi Dokter Mobil Indonesia, Bateriku, dan Wahdah Technologies ini diharapkan membawa industri otomotif di Asia Tenggara ke tingkat yang lebih tinggi yang fokus pada kualitas layanan, inovasi, dan kepuasan pelanggan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved