Entrepreneur

Bermula dari Toko Mungil, John Suhanto Memproduksi Keramik untuk Pasar Domestik dan Global

John Suhanto, pendiri & CEO PT Asri Pancawarna di Jakarta pada Kamis, 9 Mei 2024. (Foto : Eva Martha Rahayu/SWA).

Ada pemandangan yang menarik di Pameran Megabuild Indonesia & Keramika Indonesia 2024 di Jakarta Convention Center. Di area tengah ruang pamer terdapat booth keramik Indogress yang diproduksi PT Asri Pancawarna, produsen granit porcelain tile terbesar di Indonesia. Indogress memperkenalkan rangkaian produk terbarunya pada pameran yang berlangsung 9-12 Mei 2024 itu.

Produk terbaru Indogress ini terbagi dalam berbagai ukuran, surface dan desain yang bervariasi. Desain marble atau marmer sangat diminati konsumen. Ukurannya, mulai dari 60x60, 80x80, 100x100, 120x120, 90x180 dan 120x240. Indogress mengeluarkan fitur produk baru yaitu Slip Guard yang tersemat di produknya.

Fitur ini merupakan keramik yang permukaannya anti-slip sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan karena memiliki fungsi untuk mengurangi risiko tergelincir. “Memiliki rating R11 yang berarti bisa digunakan untuk area basah di outdoor atau indoor. Untuk produk terbaru dengan fitur ini, Indogress mengeluarkan tipe Roccia Platino, Magnus Beige, Gris Basalto dan Norde Dark," jelas Meyta Putri, Marketing Manager Asri Pancawarna di Jakarta pada Kamis, 9 Mei 2024.

Meyta mengklaim Indogress memiliki kelebihan dibandingkan produk keramik sejenis. Granit tile Indogress diproduksi dengan teknologi tinggi dan bahan baku berkualitas. Indogress menghasilkan produk dengan spesifikasi teknis yang lebih baik serta daya serap air yang rendah yaitu kurang dari 0,05%. "Ini membuktikan Indogress memiliki body tile lebih padat, sehingga memiliki daya tahan yang lebih kuat. Produk Indogress juga telah memenuhi kualifikasi ISO, SNI, Sertifikasi Industri Hijau dan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) hingga 90%," ujarnya menambahkan.

Menurut Meyta, semua produk Indogress diproduksi di pabrik Indogress yang merupakan salah satu pabrik granite tile local terbesar di Indonesia. Pabrik ini berlokasi di Dawuan, Cikampek, Jawa Barat. Kapasitas produksi pabrik ini sebanyak 1,2 juta meter persegi per bulan. "Kami memiliki fasilitas produksi yang cukup lengkap, dengan mesin teknologi terbaru dan didukung oleh fasilitas cutting untuk aksesoris," jelas Meyta.

Pada kesempatan ini, John Suhanto, Presiden Direktur Asri Pancawarna, menjelaskan, posisi Indogress di pasar granit tile di Indonesia ini memiliki range produk yang cukup luas, harga beragam, mulai dari produk dengan harga yang ekonomis hingga produk eksklusif. “Koleksi terbaru Indogress sudah diaplikasikan pada proyek bandara yang dikembangkan oleh pemerintah. Antara lain, digunakan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Bandar Udara Kertajati Majalengka, Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar, proyek Summarecon Group dan masih banyak lagi,” ungkap John.

Bermula dari Toko Bahan Bangunan

John, pendiri sekaligus bos Asri Pancawarna, mengisahkan Asri Pancawarna bermula dari toko mungil yang beroperasi sejak tahun 2005. Kala itu, cikal bakal Asri Pancawarna dimulai dari sebuah toko bahan bangunan yang bernama Toko Maju Jaya di Jalan Pinangsia, Jakarta Pusat. “Mula-mula toko yang saya rintis itu masih kecil, ternyata dalam perkembangannya banyak pembeli dan dikenal banyak kontraktor, sehingga terus berkembang,” tuturnya.

Kini, jumlah toko bahan bangunan milik John itu bertambah menjadi 10 unit. Lokasinya tersebar di Jakarta (Jalan Panglima Polim dan Jalan Percetakan Negara), Bali, Medan dan lainnya. “Semua toko itu milik sendiri, bukan franchise,” dia menegaskan. Seiring berjalannya waktu, John pun bertekad membangun pabrik keramik yang berlokasi di Dawuan, Cikampek, Jawa Barat. Ada dua merek yang diproduksi yakni Indogress (segmen middle up) dan Decogress (segmen middle low). Penjualan keramik Indogress berkontribusi paling tinggi dari total penjualan.

John menyampaikan Asri Pancawarna rutin berinovasi. Misalnya memproduksi keramik polished (kilap) dengan aplikasi nano anti bacterial yang pertamakalinya di Indonesia. Produk ini merupakan research advance pengembangan produk anti bakteri dan mendapatkan sertifikasi resmi. Produk Indogres & Decogres dengan nano anti bacterial itu dapat menghentikan pertumbuhan dan membunuh bakteri, sehingga cocok untuk diaplikasikan dalam ruang yang membutuhkan tingkat sterilisasi tinggi dan untuk hunian yang lebih sehat. Teknologi pada mesin yang digunakan untuk memproduksi keramik didatangkan dari Italia dan China.

Untuk kontribusi penjualan terbesar masih didominasi pasar di Pulau Jawa sekitar 55% dan sisanya luar Jawa, seperti Kalimantan, Sumatera, Bali, Sulawesi dan seterusnya. Tidak hanya untuk memenuhi pasar dalam negeri, kiprah Indogress pun makin melesat dengan melakukan ekspor keramik ke 10 negara. Sebut saja ke Jepang, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Kamboja, Argentina, Brunei, Australia, Malaysia dan lainnya. Untuk komposisi ekspor total sekitar 10% dan 90% untuk pasar domestik.

Banyaknya variasi produk, Indogress & Decogress cepat menanggapi berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan ruang hidup dan arsitektur kontemporer yang diinginkan pelanggan. Mulai dari keramik lantai, dinding, interior dan eskterior. Seluruh produknya telah memenuhi kualifikasi ISO 9001:2015, SNI 13006:2010, Green Label Product, TKDN, dan standar ekspor TIS (Thailand) serta SIRIM (Brunei Darussalam/Malaysia).

Terkait strategi pemasaran Indogress, Johh menyebutkan pemasaran offline lebih efektif. “Kontribusi penjualan offline mendominasi 90% yaitu melalui saluran distribusi jaringan toko bangunan sebanyak 10 unit dan 30 mitra,” jelasnya seraya menyebut pemasaran online dilakukan pada Instagram, website dan marketplace dengan kontribusi penjualan 10%. Penjualan di kanal digital pada tahun ini ditargetkan tumbuh 10-20% dibandingkan tahun 2023.

Dari sisi manajemen, sebagai generasi pertama, John telah menyiapkan buah hatinya sebagai generasi kedua yang memegang tongkat estafet Asri Pancawarna. “Ada putri kami (41 tahun) yang kini sudah membantu di manajemen sebagai direktur,” ucap John mengisahkan rencana regenerasi perusahaan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved