Capital Market & Investment

Harga Saham Melonjak, Peringkat Agoes Terdongkrak

Harga Saham Melonjak, Peringkat Agoes Terdongkrak
Agoes Projosasmito, Presiden Komisaris PT Amman Mineral Internasional Tbk menempati posisi keenam orang terkaya se-Indonesia versi Forbes . (Foto : Amman Mineral)

Harga saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) diapresiasi investor. Sejak awal tahun ini hingga 8 Mei 2024 (year to date), harga saham AMMN melonjak sebesar 43,93% atau menjadi Rp9.500. AMMN melangsungkan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 7 Juli 2023 pada harga perdana Rp1.695/unit.

Direktur Utama Amman Mineral Internasional, Alexander Ramlie, mengatakan perseroan meyakini prospek usaha pertambangan tembaga akan mengalami tren positif, karena meningkatnya permintaan tembaga di dunia. “Peningkatan ini terjadi seiring pertumbuhan sektor industri, energi terbarukan, serta kendaraan listrik. AMMN melihat dinamika pasar tersebut sebagai peluang untuk memperkuat posisi perseroan sebagai salah satu produsen tembaga terbesar di dunia,” ujar Alexander dalam pernyataan resmi tatkala AMMN mencatatkan saham perdana di BEI seperti ditulis swa.co.id pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Pada debut perdananya itu, saham AMMN ditutup pada Rp1.755, naik sebesar 3,53%. Harga saham Amman Mineral sejak IPO hingga 8 Mei tahun ini melejit 441%. Peningkatan harga saham emiten pertambangan ini mempertebal isi dompet para pemegang sahamnya, antara lain Agoes Projosasmito, Presiden Komisaris Amman Mineral.

Amman Mineral adalah perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, yang mengoperasikan tambang Batu Hijau di Pulau Sumbawa. Meski bukan satu-satunya sumber kekayaan, peningkatan harga saham AMMN itu mendongkrak kekayaan Agoes. Eks bankir investasi (investment banker) ini memiliki saham AMMN melalui PT AP Investment (API). Per 30 April 2024, API memegang saham Amman Mineral sebanyak 11,2 miliar atau setara Rp106 triliun pada harga penutupan di 8 Mei itu.

Rekening Agoes kian tambun seiring peningkatan harga saham AMMN. Real Time Billionaires yang dirilis Forebes, kekayaan Agoes senilai US$6,5 miliar. Jika dikonversi ke rupiah maka kekayaanya mencapai Rp104 triliun (kurs Rp16.040). Agoes pun menyodok ke peringkat keenam dari Top 10 orang terkaya di Indonesia. (*)

Top 10 Orang Terkaya se-Indonesia

1. Prajogo Pangestu (US$62,8 miliar)

2. Low Tuck Kwong (US$26 miliar)

3. R. Budi Hartono (US$23,8 miliar)

4. Michael Hartono (US$22,8 miliar)

5. Sri Prakash Lohia (US$8,3 miliar)

6. Agoes Projosasmito (US$6,5 miliar)

7. Chairul Tanjung (US$5,1 miliar)

8. Tahir dan Keluarga (US$5 miliar)

9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono (US$4,3 miliar)

10. Dewi Kam (US$4,2 miliar)

Sumber : Forbes


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved