CSR Corner

Bridgestone Indonesia Berdayakan Ekonomi Kaum Perempuan

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) meraih penghargaan The Small Medium Enterprise (SME) CSR Award Asia 2024 dari La Tofi School of Social Responsibility. Penghargaan ini diberikan berkat inisiatif dari Bridgestone Indonesia pada kategori Pengembangan UKM Kelompok Wanita pada program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan serta muda-mudi melalui Pengolahan Produk Mangrove di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Program yang telah berlangsung sejak tahun 2016, berhasil memberdayakan kaum perempuan serta muda mudi di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, dalam bentuk peningkatkan kemampuan dalam melakukan pengolahan produk makanan dan minuman serta pembuatan batik dengan pewarna alami yang dihasilkan dengan memanfaatkan sumber daya alam mangrove yang melimpah di sekitar lokasi kediaman mereka. Selain itu, membantu masyarakat mendapatkan pendapatan tambahan hingga ratusan juta rupiah per tahunnya.

Adapun program ini sebagai bentuk pendampingan yang diberikan berupa pelatihan pengelolaan bahan baku, bantuan alat bantu produksi, hingga akses kepada kegiatan pameran baik terbuka maupun melalui aktivitas yang diselenggarakan perusahaan.

Peran UMKM terhadap roda perekonomian nasional sangat besar, antara lain menyerap 97% tenaga kerja domestik melalui 64 juta pelaku usaha dan berkontribusi terhadap lebih dari 61% dari produk domestik bruto (PDB). Yunus Triyonggo, Human Resorces and General Affairs Director Bridgestone Indonesia, mengungkapkan komitmen perusahaan untuk senantiasa membantu mengembangkan mitra-mitra UMKM, pemberdayaan perempuan, dan kaum muda mudi. "Penghargaan The SME CSR 2024 Award ini semakin menguatkan motivasi kami untuk berkontribusi terhadap pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tertuang dalam Bridgestone E8 Commitement," ujar Yunus seperti dikutip swa.co.id pada Senin, 13 Mei 2024.

The SME CSR Award Asia, yang diinisiasi oleh La Tofi School of Social Responsibility, merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang melalui kegiatan CSR-nya dinilai berkomitmen dalam mendukung perkembangan UMKM serta menghasilkan perubahan positif yang nyata pada masyarakat terdampak.

Aris Darmono, Sustainability Expert La Tofi School of Social Responsibility sekaligus Anggota Tim Penilai The SME CSR Award Asia, mengungkapkan perusahaan-perusahaan di Asia dapat memanfaatkan ajang The SME CSR Award Asia 2024, untuk semakin menguatkan kolaborasinya dengan UKM-UKM di wilayahnya masing masing agar kesepahaman tentang program keberlanjutan dan CSR menjadi semakin baik dan strategis. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved