Trends

Menyiasati Suhu Panas

Ilustrasi foto : Istimewa.

Roojai, penyedia asuransi online di Indonesia, baru-baru ini mengumpulkan data tentang efek kenaikan suhu di berbagai wilayah Indonesia selama bulan April-Mei 2024. Suhu tinggi ini tidak hanya menyebabkan keringat berlebih dan dehidrasi, tetapi juga memicu masalah kesehatan lain seperti ruam kulit, kelelahan, pusing, mual, dan bahkan heat stroke.

Ketika suhu naik, tubuh manusia bereaksi dengan cara yang beragam untuk mendinginkan diri, termasuk meningkatnya detak jantung dan pelebaran pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah dan membuat seseorang merasa pusing atau bahkan pingsan. Kulit yang panas dan kering, jantung yang berdetak lebih cepat, dan kulit yang pucat adalah beberapa gejala yang dialami ketika terpapar cuaca panas yang berkelanjutan.

Masalah kesehatan yang lebih serius seperti ruam kulit muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh keringat berlebih. Sementara itu, dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan mineral penting melalui keringat. Kondisi ini juga dapat memicu rasa lelah yang ekstrem, pusing, mual, dan bahkan pingsan. Demam yang disebabkan oleh infeksi tenggorokan sering kali diperburuk oleh konsumsi minuman dingin yang bertujuan untuk menyegarkan tubuh.

Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat. Langkah-langkah ini termasuk mengkonsumsi cukup air putih, makan makanan sehat dan bergizi, serta menghindari aktivitas di luar ruangan selama jam-jam puncak panas. Penting juga untuk memperhatikan tanda-tanda dehidrasi dan masalah terkait panas lainnya, seperti pusing dan kulit kemerahan.

Di samping itu, memiliki asuransi penyakit kritis yang mencakup penyakit jantung, heat stroke, dan gangguan pernapasan dapat memberikan perlindungan finansial yang vital dalam menghadapi dampak negatif dari cuaca panas. Ini memastikan bahwa individu dan keluarganya dapat tetap aman dan sehat selama periode suhu tinggi yang ekstrem.

Dengan mempersiapkan diri melalui langkah-langkah pencegahan yang tepat dan perlindungan asuransi, kita dapat menghadapi tantangan cuaca panas dengan lebih tenang dan terkontrol. Mari kita prioritaskan kesehatan dan keselamatan diri serta keluarga kita, sehingga kita semua dapat menikmati musim panas tanpa khawatir akan risiko kesehatan yang mungkin timbul. Ingat, pencegahan lebih baik daripada pengobatan, dan keamanan serta kesehatan adalah investasi terbaik yang bisa kita lakukan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved