Marketing

BSI Sodorkan Beragam Layanan Keuangan untuk Jamaah Haji

Foto : BSI.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menyediakan beragam layanan untuk jamaah haji, diantaranya kemudahan pelunasan biaya haji melalui BSI Mobile.” Selain itu jamaah haji yang mendaftar lewat BSI akan memperoleh layanan manasik di embarkasi di kota dan kabupaten, fasilitas kartu debit mabrur dengan fasilitas gratis tiga kali tarik tunai per bulan di Arab Saudi, cashback belanja di merchant di Arab Saudi dengan minimal berbelanja Rp10 juta di Arab Saudi, hingga layanan penukaran uang riyal di embarkasi haji,” tutur Direktur Sales and Distribution BSI, Anton Sukarna kepada swa.co.id seperti ditulis pada Senin, 20 Mei 2024.

Anton menjabarkan perseroan memberikan kemudahan layanan haji ke daerah terpencil dan memperluas akses layanan ke masyarakat pedesaan. Bank BUMN syariah ini menyediakan layanan dan fasilitas penyetoran tabungan haji dan pelunasan melalui BSI Agen mencapai 94 ribu mitra Agen BSI di seluruh Indonesia. “Masyarakat yang memiliki usaha bisa mendaftar menjadi BSI Agen di seluruh outlet BSI, untuk ikut memberikan layanan perbankan syariah sesuai ketentuan layanan laku pandai,” tuturnya.

Selain itu, BSI memberikan layanan penukaran banknotes SAR di gerai BSI dengan nilai tukar yang kompetitif. Kemudian, jamaah haji yang tiba di Indonesia dan Arab Saudi dapat menggunakan kartu debit mabrur untuk transaksi keuangan.

Mayoritas jamaah haji reguler mendaftar lewat BSI. “Tahun ini BSI memberangkatkan jamaah haji sebesar 83% atau sekitar 178.770 dari sekitar 213 ribu jamaah haji reguler dari Indonesia melalui 14 embarkasi di seluruh Indonesia. Artinya, BSI berperan besar untuk memberikan layanan terbaik bagi jamaah Indonesia tahun ini,terutama dari sisi layanan keuangan saat menjelang keberangkatan haji maupun setibanya kembali di Tanah Air,” ucap Anton menjabarkan.

Anton mengungkapkan jumlah nasabah calon haji yang menabung di BSI meningkat sekitar 80% dari total jamaah Indonesia yang mendaftar lewat BSI. Adapun, tabungan Haji BSI konsisten tumbuh 8,2% dengan jumlah rekening 5 juta rekening dan total Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp11,67 triliun.

BSI menargetkan kelolaan tabungan haji di tahun ini mencapai 5,9 juta rekening. Jumlah pendaftar haji yang menabung di BSI sampai dengan Maret 2024 mencapai 3,6 juta jamaah. Jumlah tersebut sekitar 64% dari total jamaah daftar tunggu (waiting list) haji reguler Indonesia. Oleh karenanya, BSI akan terus memperkuat ekosistem haji dan umroh. “Jamaah haji yang menabung di BSI akan mendapatkan kemudahan pelunasan haji secara realtime tanpa harus ke bank melalui BSI Mobile,” ujarnya.

Selain itu, BSI juga memberikan kemudahan untuk calon jamaah haji yang ingin melakukan penyetoran tabungan haji dan pelunasan bisa melalui 94 ribu mitra agen yang tersebar di seluruh Indonesia. “BSI juga terus meningkatkan ekosistem Islam melalui haji dan umrah. Saat ini BSI bekerjasama lebih dari 1.800 travel haji dan umrah yang siap melayani haji ONH plus. Lalu, BSI juga terus meningkatkan literasi haji sejak dini melalui kerjasama dengan lebih dari 360 ribu sekolah Islam, 73 ribu pesantren, 51 ribu masjid,” tuturnya.

Pada aspek lain, BSI mengayunkan berbagai langkah untuk mendorong perkembangan ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal di Tanah Air. Komitmen ini diwujudkan melalui gelaran BSI International Expo 2024, pameran ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal berskala internasional pertama di Indonesia yang digelar oleh BSI ini berlangsung pada 20-23 Juni 2024 di Jakarta Convention Center Hall A & B, Jakarta.

Pada kesempatan terpisah, SVP Marketing Communication BSI, Kemas Erwan Husainy, menjabarkan BSI International Expo 2024 diselenggarakan untuk memperkenalkan, mempromosikan, serta memasarkan produk, jasa, layanan, dan hasil karya halal dan terbaik lokal agar meningkatkan daya saing di pasar domestik dan mancanegara. “Melalui acara ini, kami ingin menghadirkan akses dan menghubungkan para konsumen ke berbagai produk dan lifestyle halal. Kami juga ingin menghubungkan merek dan produk halal dengan calon mitra usaha serta mempersiapkan dan memberikan peluang bagi produk UKM untuk memasuki pasar internasional,” jelas Kemas

Pameran ini akan diikuti oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional dan mitra perusahaan. Terdapat sekitar 196 booth yang saat ini sudah terisi 100%. BSI juga menghadirkan sejumlah pelaku bisnis mancanegara, diantaranya dari Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Tajikistan, dan Turki. Perseroan juga melengkapi rangkaian event BSI International Expo 2024 dengan agenda Dinner with Ambassador.

BSI International Expo 2024 juga bertujuan untuk meningkatkan literasi terhadap industri halal. Melalui rangkaian acara seminar industri halal, pakar industri, akademisi, dan pembuat kebijakan akan berdiskusi dan memberikan wawasan, best practice, serta rekomendasi strategi untuk mendorong pertumbuhan pasar halal yang berkelanjutan.

Manajemen BSI memprediksi gaya hidup halal di Indonesia berkembang pesat dari tahun ke tahun seiring dengan pertumbuhan ekonomi syariah global. Indonesia menjadi negara dengan belanja konsumen makanan halal terbesar kedua di dunia. Belanja muslim global di sektor ini ditaksir mencapai US$1,89 triliun pada 2027.

Kemas menyampaikan potensi industri halal di Indonesia diperkirakan Rp1,95 triliun atau setara US$135 miliar.Tidak hanya itu, pertumbuhan aset keuangan syariah Indonesia mencapai Rp2,45 triliun atau setara US$163 miliar per Juni 2023 atau tumbuh 13,37% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal ini menunjukan pertumbuhan industri keuangan syariah di Indonesia.Hingga Desember 2023, penyaluran pembiayaan BSI di sektor rantai pasok halal tercatat hampir Rp20 triliun, yang mencakup di subsektor makanan dan minuman halal, farmasi dan kosmetik halal, serta fesyen busana muslim.

Bagi Dividen

Emiten bank syariah yang sahamnya berkode BRIS ini menetapkan pembagian dividen tunai sebesar 15% dari laba bersih perseroan pada tahun lalua atau sekitar Rp 855,56 miliar yang ekuivalen dengan Rp18,54 per lembar saham. Aksi korporasi ini ditetapkan manajemen BRIS pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta pada Jumat, 17 Mei 2024.

Jumlah dividen tersebut naik sebesar 100% dibandingkan dividen tahun buku 2022 senilai Rp Rp9,24 per lembar saham. Iini mengindikasikan kinerja BRIS yang cukup solid pada tahun lalu.

Hery Gunardi, Direktur Utama BRIS, menyampaikan perseroan mengapresiasi dukungan seluruh pemegang saham serta berkomitmen untuk mengakselerasi seluruh proses bisnis, , layanan dan kapabilitas bisnis maupun SDM”.

Selain itu, BRIS meyakini keputusan pemegang saham pada RUPST akan memperkuat pengurus perseroan semakin solid. “Serta meraih kinerja yang berkelanjutan untuk menjadikan BSI bisa bersaing di kancah global,” ujar Hery dalam keterangan tertulisnya.

RUPST BRIS menetapkan susunan Dewan Komisaris, Dewan Direksi, dan Dewan Pengawas Syariah;

Susunan Dewan Komisaris

* Komisaris Utama/Independen: Muliaman D. Hadad

* Wakil Komisaris Utama/Independen: Adiwarman Azwar Karim

* Komisaris Independen: Komaruddin Hidayat

* Komisaris Independen : Mohamad Nasir

* Komisaris Independen : Hj. Felicitas Tallulembang*

* Komisaris: Suyanto

* Komisaris: Masduki Badlowi

* Komisaris: Abu Rokhmad

* Komisaris: Fauzi*

* Komisaris: Nazaruddin*

Susunan Direksi :

* Direktur Utama: Hery Gunardi

* Wakil Direktur Utama: Bob Tyasika Ananta

* Direktur Wholesale Transaction Banking: Zaidan Novari

* Direktur Retail Banking: Harry Gusti Utama*

* Direktur Sales & Distribution: Anton Sukarna

* Direktur Information Technology: Saladin D. Effendi

* Direktur Risk Management: Grandhis H. Harumansyah

* Direktur Compliance & Human Capital: Tribuana Tunggadewi

* Direktur Finance & Strategy: Ade Cahyo Nugroho

* Direktur Treasury & International Banking: Ari Rizaldi*

Susunan Dewan Pengawas Syariah :

* Ketua : Prof. Dr. KH. Hasanudin, M.Ag;

* Anggota: Dr. H. Mohamad Hidayat, M.B.A, MH.;.

* Anggota: Dr. H. Oni Sahroni, M.A.;

* Anggota : Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen, M.A.;

*Anggota : Prof. Dr. Jaih Mubarok, SE.. M.H., M.Ag,


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved