Trends

Eksekutif dan Generasi Milenial Gemar Bermain Golf

Ilustrasi golf. (dok. HIPMI Jaya Golf)

Bermain golf dioptimalkan oleh para pengusaha sebagai sarana menyalurkan hobi sekaligus memperluas jejaring (networking). Terkadang ada saja keputusan bisnis yang disepakati di lapangan golf. Para eksekutif perusahaan memang gemar bermain golf.

Reno Adityo, Ketua Badan Otonom HIPMI Jaya Golf, menyebutkan data Forbes yang mencatat sebanyak 90% dari CEO yang terdaftar di Fortune 500 itu adalah pegolf. Sekitar 80% dari jumlah ini rajin bermain golf untuk menjalin relasi bisnis. “Durasi bermain golf membutuhkan waktu sekitar empat jam dalam sekali permainan.Pada durasi tersebut, kami banyak menghabiskan waktu untuk berjalan dan mengobrol bersama teman dalam satu grup. Itu sebabnya olahraga ini sangat sesuai sebagai saranan untuk berjejaring,” kata Reno di Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Reno, pegolf yang juga Co-Founder dan Direktur Lamandau Group, menyampaikan dampak bermain golf bisa meningkatkan kebugaran, memperluas relasi, dan menjalin kesepakatan bisnis. “Bermain golf secara tidak resmi telah menjadi keterampilan yang wajib dimiliki oleh jajaran manajemen suatu perusahaan,” ujar Reno yang dikenal sebagai pengusaha agrobisnis.

HIPMI Jaya Golf rutin mengadakan Jaya Golf Open sebagai ajang memperluas relasi bisnis untuk penggemar golf dan pengusaha muda di seluruh Jakarta. “Dengan ini kami berharap agar HIPMI Jaya Golf dapat menjadi sarana terbaik bagi pebisnis muda untuk berjejaring,” ucap Reno.

Minat masyarakat di Indonesia yang bermain golf terindikasi dari jumlah pemain golf dan lapangan golf yang bertambah dari tahun ke tahun. Permainan golf tak hanya menarik minat para eksekutif, namun juga generasi milenial.

Pada kesempatan terpisah, Darma Mangkuluhur Hutomo, Komisaris PT Intra GolfLink Resorts (IGR), mengatakan IGR berencana mengembangkan 3 lapangan golf di Sentul (Bogor), Bali, dan Belitung. Lapangan golt itu berjenama Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, dan Black Rocks Golf Belitung. Darma mengatakan IGR berencana menciptakan ekosistem bisnis yang memadukan olah raga golf, leisure, food & beverage, fashion, dan teknologi untuk menarik minat generasi milenial dan Gen Z untuk menjadi anggota di Intra Golflink Course.

Darma mengatakan jumlah pemain golf di lapangan milik IGR kian meningkat. Ini terindikasi dari jumlah round (pengunjung yang datang dan bermain golf) di ketiga lapangan golf milik IGR sebanyak 124.020 pegolf di tahun 2023. “Mayoritas yang datang dan bermain di lapangan golf kami adalah pegolf baru usia muda,” ucap Darma di Jakarta pada Selasa, 6 Februari 2024.

Jumlah round di tahun lalu itu lebih tinggi dari jumlah round di 2020-2022. Pada 2020, misalnya, jumlah round di ketiga golf course milik IGR sebanyak 88.331 pegolf. Darma, anaknya Tommy Soeharto, optimistis peminat olah raga golf semakin banyak. Dia mencontohkan olah raga golf pada masa pandemi Covid-19 diminati oleh kalangan usia senior, gen-Z dan milenial serta anak-anak. Persatuan Golf Indonesia (PGI) memperkirakan pemain golf di pasca pandemi Covid-19 meningkat sekitar 40% jika dibandingkan sebelum pandemi.

Mencermati peminat golf yang tinggi, Riverside Golf Club pengelola lapangan golf kelas dunia seluas 90 hektare di Bogor, memperkenalkan paket Senior's Special, yang ditujukan untuk para pemain golf berusia 50 tahun ke atas. Promo ini berlaku di hari kerja mulai dari Selasa hingga Jumat, di mana para pemain golf senior dapat menikmati lapangan golf 18 hole par 72 yang terletak di sepanjang Sungai Cikeas dengan harga hanya Rp700 ribu termasuk biaya green fee, caddy, dan cart.

Riverside Golf Club juga menawarkan pengalaman bermain golf yang unik dan penuh tantangan dengan lapangan golf 18 hole, par 72 yang dirancang oleh legenda golf Greg Norman. Selain lapangan golf kelas dunia dengan standar internasional, tersedia juga kelas golf bagi pemula. Riverside Golf Club ini juga menyedikan tempat beristirahat di club house Riverside Golf Club. Di sana pemain golf dapat menikmati makanan lezat, minuman menyegarkan, dan pemandangan hutan tropis. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved