Technology

Raih US$2,7 Juta, Jejakin Bakal Mengembangkan Riset & Teknologi

Jejakin, perusahaan climate tech asal Indonesia yang berfokus pada pengembangan platform manajemen karbon, memperoleh pendanaan senilai US$2,7 juta. Investor yang terlibat termasuk PT ITM Bhinneka Power, bersama dengan perusahaan venture capital dan korporasi papan atas lainnya, seperti Indogen Capital, SMDV, dan East Ventures. Pendanaan ini akan dialokasikan untuk berbagai area utama, termasuk penelitian dan pengembangan teknologi, pertumbuhan pasar, dan lain-lain.

Niwat Boonyad, President Director ITM Bhinneka Power, menyampaikan optimismenya terhadap potensi pertumbuhan bisnis Jejakin di masa mendatang. Hal senada dijabarkan Avina Sugiartio, Partner East Ventures. "Kami senang menyambut Jejakin ke dalam ekosistem East Ventures. Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki Arfan dan timnya, kami antusias untuk bersama-sama membangun dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan," ujar Avina seperti dikutip pada Selasa, 14 Mei 2024.

Arfa Arlanda, CEO & Founder Jejakin mengukapkan pendanaan ini akan mendorong misi Jejakin untuk meningkatkan kondisi lingkungan dengen mempercepat aksi mitigasi menggunakan teknologi. Jejakin sejak 2018 memberdayakan bisnis dan individu dalam memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Jejakin menawarkan solusi berbasis Artificial Intellegence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang membantu para perusahaan mencapai target emisi nol mereka untuk menjawab tantangan akan perubahan iklim. Platform terintegrasi Jejakin memungkinkan perusahaan untuk melakukan perhitungan emisi dari kegiatan operasional, sehingga lebih mudah untuk menentukan, menjalankan, dan melaporkan rencana keberlanjutan mereka, termasuk nature-based dan proyek karbon. Dengan begitu, Jejakin dapat membantu perusahaan mengurangi emisi karbon.

Perusahaan ini menyediakan tiga produk utama, yaitu CarbonIQ, CarbonAtlas, dan CarbonSpace. CarbonIQ, platform akuntansi karbon, membantu penghitungan jejak emisi operasional. CarbonAtlas merupakan platform pemantauan yang menggunakan berbagai macam teknologi penginderaan jauh dari satelit, sensor IoT, dan aplikasi seluler untuk memverifikasi kredibilitas program iklim yang dijalankan oleh bisnis melalui pemeriksaan lapangan.

Platform CarbonAtlas memantau lebih dari 1 juta pohon yang telah ditanam bersama klien dan mitra Jejakin di seluruh Indonesia, memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan gambaran tentang dampak positif yang dibawa proyek tersebut ke daerah tersebut seperti: Carbon Sequestration, Soil & Air Quality, dan Biodiversity Index. Sedangkan, CarbonSpace adalah aplikasi integrasi Jejakin yang terhubung ke CarbonIQ dan CarbonAtlas.

Saat ini, Jejakin mendukung lebih dari 30 klien dari berbagai sektor, seperti Gojek, BCA, Telkomsel, dan Indosat Ooredo Hutchison dalam mengurangi emisi dan mengoptimalkan rencana keberlanjutan pelanggannya. (*)

.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved