Profile Next Gen

Sang Penerus Anwa Property Group

Kelly Maria Emmanuella Andwa, Generasi Kedua Property Group (Foto: Eva/Swa)

Dunia properti bukan sekadar pekerjaan bagi Kelly Maria Emmanuella Andwa, melainkan sebuah gairah yang terpatri dalam jiwa. Sejak kecil, dia terpesona menyaksikan kedua orangtuanya yang tenggelam dalam kesibukan industri properti. Wanita kelahiran Jakarta, 5 Mei 2000 ini, tumbuh dengan cinta mendalam terhadap desain interior dan arsitektur yang dia serap dari lingkungan keluarganya.

Dorongan untuk mengasah kecintaan tersebut membawanya ke Newcastle University di Inggris, tempat dirinya menempuh pendidikan formal dalam bidang Arsitektur. Setelah lulus, Kelly kembali ke Indonesia untuk menyalurkan ilmunya dalam mengembangkan bisnis keluarga, Anwa Property Group, yang didirikan ayahnya, Andreas Budianto.

Sejak bergabung dengan perusahaan pada tahun 2020, Kelly menjadi tulang punggung generasi kedua Anwa Property Group, menjabat sebagai Vice CEO. Sementara di Di PT Hocky Anwa Lestari (HAL), dia menjabat sebagai Presiden Direktur, mengambil peran penting dalam pengembangan strategis perusahaan.

Dalam wawancara dengan swa.co.id, Kelly mengungkapkan bahwa Anwa Property Group memiliki beberapa anak usaha . Pertama adalah PT Kartunindo Perkasa Abadi yang telah mengembangkan kompleks perumahan middle up, Anwa Residence Puri di Jakarta Barat seluas 20 ha. Meskipun masih baru, Kartunindo telah berkembang cepat dan menjadi pemain kuat di industri real estate nasional.

Anwa Residence Puri, yang menampilkan kluster Yarra dengan konsep Modern Tropical Lifestyle, menawarkan rumah yang tidak hanya modern dan elegan tapi juga mendukung gaya hidup sehat dan harmonis dengan alam, selaras dengan lingkungan yang asri dan hijau.

Kelly tidak menyangka, saat Covid-19 diperkirakan penjualan rumah akan sulit, tapi ternyata kluster Yarra ludes beberapa bulan sebelum periode yang ditargetkan. Setelah kluster ini telah terjual habis, Kelly dan timnya kini fokus pada pengembangan Victoria Cluster, yang menjanjikan rumah tiga lantai dengan sistem rumah pintar dan fasilitas modern lainnya.

Di bawah kepemimpinan Kelly, PT Hocky Anwa Lestari juga mengelola perusahaan kedua, Anwa Residence Apartment at Bintaro, sebuah apartemen yang strategis berlokasi dekat stasiun kereta Jurang Mangu, dilengkapi fasilitas lengkap seperti gim, infinity pool, mini waterpark, shoping arcade, spa, hingga taman bermain anak. Apartemen yang berdekatan dengan Stasiun Jurang Mangu ini terdiri dari 700 unit kamar dengan okupansi sekitar 40% dan harga jual dibanderol mulai Rp400 juta hingga lebih dari Rp1 miliar tiap unitnya.

Kelly tidak hanya memimpin dengan kelincahan seorang pemasar, tapi juga dengan sentuhan kreatif. Dia terlibat langsung dalam desain interior apartemen dan proyek lainnya, bahkan berhasil melobi mitra internasional untuk bekerja sama seperti PT Tokyu Property Management Indonesia (TPMI) guna meningkatkan standar pengelolaan properti mereka. TPMI sepakat membangun kerja sama dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang ‘Building Management di Anwa Residence Apartemen at Bintaro’.

“MoU tersebut merupakan wujud komitmen bersama dalam saling memberikan servis terbaik dalam mengelola building management. Kami percaya Tokyu Property Management Indonesia dapat memberikan pelayanan terbaiknya karena memiliki pengalaman dan kredibilitas terbaik di bidangnya,” Kelly menegaskan. Kemitraan ini ada kemungkinan bertambah panjang karena dengan pengalaman lebih dari 7 tahun di bidangnya, perusahaan asal Jepang ini telah tersebar ke seluruh Indonesia yang menjadikan TPMI sebagai top management property yang andal dengan pengalaman baru standar Jepang.

Kelly menegaskan bahwa TPMI berkomitmen menyediakan 'life time management', yang meliputi pengamanan, kenyamanan, kebersihan, dan perencanaan strategis dalam mengelola Anwa Residence Apartemen at Bintaro. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa aset tersebut tidak hanya terjaga nilai tetapi juga terus bertumbuh dan meningkat nilai jangka panjangnya (future value).

Hotel Aston Bintaro (Foto: Eva/Swa)

Sementara itu, Hotel Aston Bintaro yang merupakan anak perusahaan ketiga, telah resmi dibuka pada tanggal 5 Mei 2024. Berlokasi bersebelahan dengan Apartemen Anwa Residence Bintaro di Tangerang Selatan, hotel ini menambah deretan properti prestisius kelompok ini.

Tak berhenti di sini, Kelly mengungkapkan bahwa Anwa Property Group tengah mengembangkan superblok di Bintaro, yang akan mencakup bangunan komersial dan hunian. Mereka juga tengah membangun hotel di Cengkareng, Jakarta serta kombinasi hotel dan apartemen di Cisarua, Puncak.

Menghadapi masa depan industri properti, Kelly tetap optimistis. Baginya, tantangan terbesar adalah membangun dan mempertahankan kerja tim yang solid. “Team work yang baik itu penting dan harus bisa diwujudkan,” tegas bungsu dari empat bersaudara ini. Sebagai pemimpin dari sekitar 300 karyawan tetap dan ratusan karyawan kontrak per proyek, Kelly bertekad memelihara dan mengembangkan etos kerja yang kolaboratif dan produktif.

Dengan semangat menyala, Kelly kini terus mengarungi lautan tantangan dalam industri properti dengan sebuah pandangan yang jernih dan aspirasi yang tinggi. Membawa warisan keluarga ke puncak baru, dia ingin mencetak prestasi, membawa Anwa Property Group sebagai pemain yang disegani. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved