Telecommunication Update

9 Startup Terbaik Telkomsel NextDev 2024

Program impact incubator NextDev Summit 2024, di Jakarta, (14/5). (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Telkomsel, sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, terus mendorong inovasi dan perkembangan teknologi melalui program NextDev. Program yang telah berlangsung selama sembilan tahun ini menjadi inkubator bagi para startup yang berfokus pada solusi berbasis teknologi dengan dampak sosial yang positif.

Melalui gelaran NextDev Summit 2024, ajang ini selaras dengan langkah penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Tema yang diambil kali ini adalah 'Embracing Tech for Sustainable Impacts' menjadi salah satu upaya Telkomsel melalui impact incubator NextDev untuk memperkuat fundamental dari early-stage startup.

Saki H. Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, mengatakan, "Telkomsel terus berupaya menciptakan dampak sosial dengan memberdayakan masyarakat melalui proses bisnis berkelanjutan yang selaras dengan implementasi prinsip ESG. NextDev Summit 2024 menjadi bukti dari komitmen dan implementasi prinsip tersebut dengan mendukung pertumbuhan early-stage startup dan ekosistem pendukungnya secara inklusif dan berkelanjutan.”

Adapun NextDev Summit 2024 sendiri merupakan titik puncak dari rangkaian program impact startup incubator NextDev, yang meliputi proses pencarian talenta startup (NextDev Talent Scouting), program inkubasi (NextDev Academy), dan Final Pitching di NextDev Summit.

Sebagai panggung nominasi startup terbaik, NextDev Summit menghadirkan 9 startup finalis yang telah mengikuti serangkaian sesi inkubasi NextDev Academy dan terbagi ke dalam 4 kategori, yaitu Digital Lifestyle (SLAB Games, Ikan Asin Production, Dulang), Commerce Enablement (Smartcoop, Carinih), Emerging Technologies (CARDS by Cazh, WATERCOIN), dan Digital Food Ecosystem (Aifarm, AKAR).

Pada akhir tahap final pitching di NextDev Summit 2024, startup agritech Aifarm, dengan solusi proses end-to-end untuk meningkatkan pertumbuhan dan efektivitas sektor peternakan kambing perah, dinilai telah mengalami perkembangan dan pencapaian paling signifikan sepanjang periode program dan berhak mendapatkan gelar Best of The Best NextDev Startup 2024.

Startup Smartcoop juga dinobatkan sebagai Runner Up dengan solusi software terlengkap pengelolaan bisnis koperasi profesional, mulai dari pencatatan sampai laporan keuangan.

NextDev sendiri merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel yang mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev, corporate accelerator Tinc, corporate venture capital Telkomsel Ventures, sampai dengan digital business portfolio holding & platform company INDICO.

Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini ditujukan untuk mengembangkan inovasi bersama para stakeholders yang dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.

Telkomsel, melalui NextDev Summit 2024, telah memperkuat komitmennya untuk mendukung dan menginspirasi ekosistem startup digital di Indonesia. NextDev Summit bukan hanya sebuah acara, tetapi simbol kemajuan yang berkelanjutan, membuktikan bahwa teknologi yang bertujuan sosial dapat mengubah industri dan kehidupan manusia secara signifikan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved