Strategy

DRMA Bangun Pabrik Baru Senilai Rp200 Miliar

Karyawan pabrik PT DKI di Plumbon tengah merakit komponen otomotif wiring harness, Selasa (14/5/2024). DRMA (induk usaha PT DKI) tengah membangun pabrik baru untuk memenuhi kebutuhan yang semakin naik. (foto Ubaidillah/SWA)

Emiten milik konglomerat TP Rachmat, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) tengah membangun pabrik baru di bilangan Cirebon, Jawa Barat, menelan investasi Rp200 miliar.

"Kami sudah dalam persiapan, akan bangun pabrik (komponen otomotif) baru. Total luasnya saat ini yang kami hitung sekitar 22.000 m2 tiga lantai di daerah Marikangen, Cirebon," ujar Presiden Direktur DRMA, Irianto Santoso usai meresmikan keberangkatan kontainer untuk ekspor ke AS, Selasa, 15 Mei 2024.

Irianto mengungkapkan bahwa rencana ekspansi pabrik tersebut untuk menjawab kebutuhan komponen otomotif yang terus meningkat, apalagi perseroan juga akan menyuplai kebutuhan komponen otomotif Hyundai dan KIA di Amerika Serikat. Ekspor perdana telah dilakukan pada 14 Mei 2024 dengan nilai ekspor US$450 ribu dari total nilai US$15,8 juta yang telah disepakati tahun ini. Sementara untuk tahun depan nilainya bertambah mencapai US$26,8 juta.

Irianto mengatakan pabrik yang sedang dibangun tersebut ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada Mei 2025. “Tanahnya kami sudah punya, untuk bangunannya mungkin sekitar Rp40 miliar, ini hitungan kasarnya, lalu alat-alat atau equipment Rp160 miliar. Jadi, total sekitar Rp200 miliar, bisa lebih atau kurang tergantung nilai tukar rupiah,” kata Irianto.

Irianto berharap kegiatan ekspor tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan pendapatan maupun laba bersih DRMA pada 2024. Adapun, hingga akhir 2024, perseroan menargetkan pendapatan naik 10% menjadi Rp6,09 triliun, sedangkan laba bersih sekitar Rp600 miliar.

Dengan target peningkatan pendapatan dan laba bersih di tahun 2024, DRMA berharap berada pada jalur yang tepat untuk mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkan, sejalan dengan komitmen jangka panjangnya dalam industri otomotif. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved