CSR Corner

Wings Therapy Center Memiliki Pusat Terapi Intensif untuk Remaja Berkebutuhan Khusus

Foto : Dok Wings

Wings Therapy Center meluncurkan Wings Youth Center sebagai tempat rehabilitasi remaja berkebutuhan khusus di rentang usia 13 tahun hingga 25 tahun. Pusat terapi dengan Model Terapi Intensif (IMOT) ini telah merehabilitasi 6.000 orang berkebutuhan khusus, dengan tingkat keberhasilan 70%.

Adapun layanannya melingkupi terapi fisik, terapi okupasi, suit therapy (TheraSuit Method), latihan berjalan robotik dengan Trexo Robotics, Functional Electrical Stimulation (FES), terapi getaran, kebugaran autisme, olahraga adaptif, serta layanan rehabilitasi pasca-operasi dan pasca-kanker.

Selain itu, pusat terapi ini juga menyediakan asesmen posisi duduk, konsultasi peralatan, dan solusi ortotik dinamis seperti TheraTogs dan Dynamic Movement Orthoses.Fasilitas pediatrik seringkali kekurangan sumber daya, memiliki keterbatasan lingkungan, dan kekurangan ahli untuk memenuhi kebutuhan remaja dan dewasa muda.

Kondisi ini membuat pasien perlahan terpisah dari komunitas seiring dengan bertambahnya usia. Tantangan diperparah dengan terbatasnya pilihan bagi remaja hingga dewasa dengan disabilitas sedang hingga berat, terutama mereka yang tidak bisa merawat diri secara mandiri.

Akibatnya, banyak dari mereka sedikit melakukan aktivitas. Keadaan ini berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, yang meliputi aspek fisik, mental, dan emosional. “Saya berusaha keras menciptakan lingkungan yang inklusif bagi para pemuda berkebutuhan khusus, menawarkan mereka tempat untuk bersosialisasi, tetap aktif melalui olahraga, dan memupuk persahabatan baru,” kata Julia Justin, CEO dan Pendiri Wings pada keterangan tertulis yang dikutip pada Rabu, 15 Mei 2024.

Zaqy Mohamad, Menteri Ketenagakerjaan Singapura mengatakan bahwa 54,3% dari penyandang disabilitas di Singapura yang berusia 15 tahun ke atas berada di luar angkatan kerja. “Dengan sebagian besar dari mereka menyebutkan kesehatan yang buruk atau disabilitas sebagai alasan utama,” kata dia.

Pendirian Wings terinspirasi dari putranya yang berusia 18 tahun, Jake. Dia didiagnosis mutasi genetik NACC1 yang sangat langka. Julia sebagai seorang ibu memahami kesulitan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus saat beranjak dewasa. Pengalaman itulah yang membentuk prinsip Wings sehingga bisa menangani tantangan yang dihadapi dalam masa peralihan yang krusial ini. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved