Automotive

BAIC Siap Dipasarkan Tujuh Investor

BAIC Siap Dipasarkan Tujuh Investor
Foto : BAIC.

Beijing Automotive Group (BAIC), pabrikan mobil ternama asal China, kini resmi hadir di Indonesia melalui PT JDI sejak April lalu. Kehadiran BAIC langsung disambut antusias oleh para investor, yang kini telah siap membangun jaringan penjualan, pusat servis, dan layanan purna jual di berbagai wilayah Indonesia.

Investor-investor besar, termasuk JHL Group, PT DAS Indonesia Motor, PT Trijaya Oto Makmur, PT Istana Tujuh Sukses, PT Mega Central Autoniaga, PT Mega Prakarsa Indonesia, dan Prestige Motorcars, telah bergabung dalam jaringan dealership BAIC Indonesia. Jaringan ini akan tersebar di lima provinsi utama: Jawa, Kalimantan, Sumatera, Bali, dan Batam, dengan total 13 dealer baru.

Chen Wei, General Manager BAIC, menjelaskan bahwa untuk tahap awal, BAIC akan memasarkan dua model unggulan, yaitu BAIC BJ-40 (SUV) dan BAIC X-55. "Kami optimistis bahwa produk BAIC akan direspons positif oleh pasar Indonesia," ujar Chen Wei. Dia juga menambahkan bahwa jika penjualan berjalan lancar, BAIC tidak menutup kemungkinan untuk meluncurkan model lainnya di masa mendatang.

Dhani Yahya, Chief Operating Officer JDI, menambahkan kesepakatan ini memberikan optimisme besar bahwa BAIC akan memiliki komitmen jangka panjang di pasar otomotif Indonesia. Pembangunan dealer-dealer baru akan segera dimulai tahun ini. "Dan kami menargetkan perakitan lokal BAIC BJ-40 di Indonesia mulai tahun 2025," ucap Dhani.

Beberapa investor akan membangun jaringan dealer di lokasi strategis, seperti JHL Group di Alam Sutera dan Gading Serpong, PT DAS Indonesia Motor di Surabaya dan Bali, PT Trijaya Oto Makmur di Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Bandung, PT Istana Tujuh Sukses di Samarinda, PT Mega Central Autoniaga di Medan, dan PT Mega Prakarsa Indonesia di Batam. Prestige Motorcars akan memperkuat kehadiran BAIC di Jakarta Utara dengan dealer di Pantai Indah Kapuk dan Pluit. "Kami sangat percaya bahwa merek BAIC akan menumbuhkan kepercayaan pasar otomotif Indonesia. Ini adalah bukti nyata komitmen kami untuk tumbuh dan berkembang di pasar ini," " tutur Dhani.

Selain itu, BAIC berencana untuk merakit kendaraan mereka di Indonesia dengan melibatkan mitra lokal, PT Gaya Motor, yang akan semakin memperkuat kehadiran BAIC di pasar domestik. Dengan kolaborasi strategis ini, BAIC siap menjadi pemain utama di industri otomotif Indonesia, menawarkan produk berkualitas tinggi dan layanan terbaik bagi konsumen Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved