Capital Market & Investment

Axiata Group dan Sinar Mas MoU Merger

Ilustrasi foto : XL Axiata.

Axiata Group Berhad, bersama dengan PT Wahana Inti Nusantara, PT Global Nusa Data, dan PT Bali Media Telekomunikasi—yang secara kolektif dikenal sebagai Sinar Mas—hari ini, 15 Mei 2024 mengumumkan langkah signifikan menuju kemungkinan merger antara XL Axiata dan Smartfren. Kedua perusahaan telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang merupakan langkah awal untuk menjajaki pembentukan entitas baru, yang dinamakan MergeCo.

Merger yang sedang dipertimbangkan ini masih dalam tahap evaluasi awal. Axiata dan Sinar Mas berencana untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali dari entitas yang dihasilkan. Proses ini melibatkan validasi dari strategi merger, uji tuntas, dan persiapan rencana bisnis yang komprehensif. Seluruh proses penjajakan yang diatur dalam MoU ini akan dilakukan secara transparan, dengan pengumuman penting terkait perkembangan lebih lanjut sesuai kebutuhan.

Jika akhirnya mencapai perjanjian yang mengikat, merger ini akan tunduk pada regulasi yang berlaku serta memerlukan persetujuan dari otoritas korporasi dan pemerintah. Tujuan dari merger ini adalah untuk menciptakan penyedia layanan telekomunikasi yang lebih kuat di Indonesia, dengan menggabungkan kekuatan Axiata dalam skala global dan keahlian telekomunikasi mendalam, dengan pengetahuan lokal dan pasar yang dimiliki oleh Sinar Mas.

Diharapkan, MergeCo akan mampu menyediakan layanan yang lebih efisien dan menghasilkan nilai sinergis yang signifikan, mendorong inovasi dan kelincahan operasional yang diperlukan untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat dari konsumen, bisnis, dan sektor publik di Indonesia. Selanjutnya, merger ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna serta nilai tambah bagi pemegang saham melalui sinergi operasi yang terjadi antara XL Axiata dan Smartfren.

Dalam komitmen jangka panjangnya, Axiata terus berupaya mendukung Indonesia sebagai pasar kunci dalam strategi globalnya, mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam revolusi digital dan teknologi di negara ini. XL Axiata, sebagai salah satu aset terbesar dalam portofolio Axiata, memainkan peran penting dalam visi ini, bersama dengan bisnis utama lainnya di Indonesia, termasuk Link Net, EDOTCO, Boost, dan ADA. Dengan langkah besar ini, Axiata tidak hanya berinvestasi dalam masa depan teknologi tetapi juga dalam masa depan digital Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved