Capital Market & Investment

Cetak Rekor, Laba Bersih BNI Sekuritas Melonjak 80,4%

Foto : Dok BNI Sekuritas.

PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) membukukan pendapatan senilai Rp568,9 miliar di tahun 2023. Omset tahun lalu itu naik sebesar 7,1% dari Rp 531 miliar di 2022. Kinerja apik ini mendorong laba bersih BNI Sekuritas di tahun lalu itu melonjak sebesar 80,4% (year on year). Vera Ongyono, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BNI Sekuritas, mengatakan pencapaian ini telah mengukir sejarah sepanjang BNI Sekuritas.

Sebab, pertumbuhan laba bersih di tahun lalu itu merupakan pencapaian tertinggi selama BNI Sekuritas berdiri sejak tahun 1995 atau 29 tahun lalu. Hal ini terealisasi berkat program transformasi bisnis yang digulirkan BNI Sekuritas selama dua tahun terakhir ini.

Vera menambahkan BNI Sekuritas pada 2023 berhasil menjadi penjamin pelaksana emisi efek untuk beberapa pencatatan perdana saham (IPO) terbesar di Indonesia. Contohnya, IPO-nya PT Amman Mineral Internasional Tbk senilai Rp10,7 triliun dan tercatat sebagai IPO terbesar di Indonesia sepanjang tahun 2023. BNI Sekuritas juga menjadi satu-satunya Lead Underwriter untuk IPO PT Barito Renewables Energy Tbk dan berhasil mengumpulkan dana publik sebesar Rp3,1 triliun.

Kinerja positif BNI Sekuritas juga terefleksikan dari keberhasilannya mempertahankan posisi di peringkat 5 besar di antara perusahaan efek dalam transaksi obligasi pemerintah, serta peningkatan 7 peringkat dalam kategori pedagang efek ekuitas. Untuk melayani investor ritel, BNI Sekuritas menggelar serangkaian program transformasi yang berfokus kepuasan nasabah (customer oriented).

Salah satu inisiatifnya adalah meningkatkan konten untuk investor ritel melalui pembentukan Unit Retail Research. Unit ini menyediakan konten edukasi kepada nasabah pada program Morning Investview yang menyajikan informasi dan rekomendasi berdasarkan analisis fundamental dan teknikal saham. Di samping itu, BNI Sekuritas fokus pada transformasi menuju digitalisasi seperti fitur pengkinian data online yang setiap saat dapat diakses oleh nasabah, jika mereka ingin mengubah data pribadinya.

BNI Sekuritas turut mendukung target pemerintah Indonesia mencapai net zero emission pada 2030. Aksi nyata anak usaha PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ini adalah menjadi pembeli pertama unit karbon untuk induk usahanya itu pada peluncuran Bursa Karbon di September 2023. Selain itu, BNI Sekuritas berperan sebagai penjamin emisi (underwriter) penerbitan obligasi berorientasi lingkungan (green bond) pertama dari perusahaan swasta, PT Arkora Hydro Tbk (ARKO). Nilai emisinya mencapai Rp339,9 miliar.

Direktur Operasional BNI Sekuritas, Yoga Mulya, menyampaikan transformasi bisnis digalakkan oleh BNI Sekuritas dalam meningkatkan kualitas struktur tata kelola (Governance Structure), proses tata kelola (Governance Process), dan hasil tata kelola (Governance Outcome) di struktur organisasi yang kokoh, inisiatif dan proses bisnis serta sistem pengendalian kepatuhan dan manajemen risiko yang berkualitas serta andal, juga dalam implementasi hasil tata kelola berbasis teknologi informasi termutakhir sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi setiap pemangku kepentingan.

BNI Sekuritas melakukan investasi di beberapa aspek operasional bisnis, antara lain pembaruan sistem back-middle office guna meningkatkan fungsi manajemen risiko, pembukuan dan kustodian BNI Sekuritas. Peningktan ini berdampak terhadap kualitas peningkatan layanan nasabah dan memenuhi kepatuhan terhadap regulasi.

Kemudian, renovasi kantor pusat di gedung Indofood dan penambahan ruang kerja di gedung Bursa Efek Indonesia untuk memberikan layanan yang terbaik dan berkesinambungan kepada nasabah. Hal ini merupakan komitmen utama BNI Sekuritas di pasar modal Indonesia.

BNI Sekuritas pada tahun ini memperkuat sinergi dengan Grup BNI serta rutin berpartisipasi aktif pada proyek-strategis dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta. Kemudian, BNI Sekuritas berkomitmen untuk terus meningkatkan produktivitas dan memberikan dukungan maksimal terhadap karyawan, agar dapat terus memberikan solusi terbaik kepada Nasabah. Manajemen meyakini peningkatan produktivitas individu itu berdampak positif terhadap produktivitas dan kinerja perusahaan

BNI Sekuritas rutin menjaga kualitas keamanan data dan integritas. Perusahaan sekuritas ini memperoleh sertifikasi ISO 37001:2016 Anti-Bribery, ISO/IEC 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi, dan ISO 22301:2019 Business Continuity Management System. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved