Sajian Utama

Pasca Pabrik Ditutup, Bata Berencana Meluncurkan Sepatu Terbaru

Toko Bata. Perseroan mengembangkan omnichannel di toko fisik dan online. (Foto : Sepatu Bata).

Manajemen PT Sepatu Bata Tbk menyatakan komitmennya untuk tetap beroperasi di Indonesia dan berencana meluncurkan model terbaru. Hatta Tutuko, Direktur dan Sekretaris Perusahaan Sepatu Bata, mengatakan perusahaan dan toko-toko Bata teap beroperasi di Indonesia dan konsumen.

Pasca penutupan pabrik Bata di Purwakarta, Jawa Barat, manajemen Bata memacu inovasi agar beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen. Manajemen Bata mencermati tren konsumen itu cenderung meminati sepatu yang memenuhi aspek kenyamanan, gaya, dan fungsional. Lantaran demikian, Bata berencana meluncurkan produknya yang selaras dengan kebutuhan konsumen. “Inovasi dalam desain, kualitas, dan pengalaman pelanggan menjadi kunci untuk mengadapi tren dan perubahan perilaku konsumen,” kata Hatta dalam pernyataan tertulis kepada swa.co.id pada Rabu, 15 Mei 2024.

Hatta memaparkan rencana Bata, semisal mengembangkan omnichannel dan meluncurkan model sepatu terbaru yang lebih stylish. “Langkah kami untuk mengandalkan supplier lokal akan membantu konsumen karena kami dapat menyediakan design terbaru dan jenis sepatu yang inovatif secara lebih cepat, mohon menantikan style dan comfort yang lebih baik dari koleksi Bata di masa mendatang,” tuturnya.

Hatta Tutuko, Direktur & Sekretaris Perusahaan PT Sepatu Bata Tbk. (Foto : Bata).

Pada wawancara tertulis ini, Hatta menguraikan ketatnya persaingan di industri alas kaki, tren model sepatu dan minat konsumen terhadap sepatu Bata. Berikut petikannya;

Mohon pandangan perseroan mengenai industri alas kaki nasional pasca pandemi Covid-19?

Kami sangat mengapresiasi upaya dari pemerintah yang telah memastikan bahwa industri alas kaki berada dalam situasi yang kondusif. Bahkan, kompetisi pasar sepatu Indonesia tergolong sangat kuat. Untuk itu, kami akan tetap beroperasi di Indonesia dengan bekerja sama dengan pemasok lokal untuk memastikan konsumen kami tetap mendapatkan produk modern yang mereka inginkan.

Bagaimana perseroan merespons ketatnya persaingan di industri alas kaki?

Kompetisi tentunya ada di industri alas kaki. Bata akan terus beradaptasi dengan tren, berinovasi sesuai kebutuhan konsumen agar tetap relevan. Inovasi dalam desain, kualitas, dan pengalaman pelanggan menjadi kunci untuk menghadapi persaingan di industri ini, yang sewajarnya terus berubah sesuai dengan dinamika pasar.

Apa tren konsumen terhadap sepatu dan sandal di 5 tahun terakhir ini?

Bata tentunya memahami tren model sepatu yang sedang berkembang di pasar Indonesia. Saat ini, konsumen lebih memperhatikan kenyamanan, gaya, dan nilai fungsional produk. Inovasi dalam desain, kualitas, dan pengalaman pelanggan menjadi kunci untuk menghadapi tren ini.

Apa langkah berikutnya setelah pabrik Purwakarta ditutup?

Bata akan terus beroperasi dan melayani masyarakat Indonesia dengan kualitas produk terbaiknya yang dijual di toko online atau offline. Perusahaan juga akan berinovasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan melalui omnichannel, dengan mengintegrasikan pengalaman langsung berbelanja di toko offline dan kenyamanan berbelanja di toko online.

Apa rencana Bata untuk tetap beroperasi di Indonesia?

Kami akan terus beroperasi dan melayani kebutuhan masyarakat Indonesia dengan kualitas produk terbaik. Pelanggan akan tetap mendapatkan pengalaman di kanal online dan offline. Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan melalui saluran omnichannel di website bata.co.id. Upaya kami dalam mengintegrasikan pengalaman langsung dari toko fisik dengan kenyamanan berbelanja online cukup baik, dengan pilihan untuk memesan in store (toko) dan home delivery yang tersedia di seluruh Indonesia.

Langkah kami untuk mengandalkan supplier lokal akan membantu pelanggan karena kami dapat menyediakan desain model terbaru dan jenis sepatu yang inovatif secara lebih cepat, mohon nantikan style dan comfort yang lebih baik di koleksi Bata di masa mendatang.

Bagaimana strategi perseroan berinovasi di program pemasaran? Dan inovasi pengembangan produk (sepatu & sandal)?

Dengan sejarah lebih dari 125 tahun dalam bisnis sepatu, kami bangga akan semua pencapaian kami di masa lampau, namun Bata harus terus berkembang. Kami terus akan melayani semua segmen konsumen dari berbagai tingkat pendapatan dan kelompok umur, mulai dari balita hingga orang dewasa. Seperti halnya slogan kami yaitu Comfort with Style, Bata akan terus mempertahankan ini melalui rangkaian sepatu kami untuk seluruh keluarga.

Apa saja program pengembangan omnichannel?

Kami akan berkembang melalui saluran omnichannel. Tak hanya itu, kami juga akan tetap menjual produk kami di platform online marketplace. Upaya kami dalam mengintegrasikan pengalaman langsung dari toko fisik dengan kenyamanan berbelanja online cukup baik, dengan pilihan untuk memesan in-store dan home delivery yang tersedia di seluruh negeri.

Apa dampaknya terhadap penjualan Bata?

Pada umumnya, kami tidak memberikan rincian keuangan, demikian juga dalam kesempatan ini. Namun, yang pasti tujuan kami adalah untuk menghasilkan bisnis yang profitable setelah perubahan ini selesai.

Apa saja rencana pengembangan toko fisik dan toko online Bata?

Toko- toko Bata akan tetap beroperasi dan berjualan normal seperti biasa. Tentunya kami memperkuat komitmen untuk tetap berada di Indonesia dan mempertahankan kualitas serta value for money untuk konsumen.

Mohon informasinya mengenai apresiasi konsumen terhadap model sepatu Bata?

Kami sangat menghargai dukungan dan masukan yang diberikan oleh pelanggan setia kami. Mereka membantu kami memahami minat konsumen terhadap produk Bata. Kami bisa melakukan perbaikan dengan selalu melakukan inovasi.

Model apa yang paling laku di 2023 dan kuartal 1/2024?

Bata telah secara sukses meluncurkan banyak dari brand globalnya, seperti Comfit, North Star, Power, Bubblegummers, Weinbrenner, dan Red Label di Indonesia. Kami akan terus berinovasi dan menginformasikan kabar terbaru mengenai brand-brand tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

Produksi Sepatu & Sandal Bata Pada 2021-2023

Sumber : Bata.

Rencananya, perseroan akan meluncurkan produk-produk baru. Mohon informasinya mengenai hal ini?

Kami akan terus berinovasi dan tetap menjadi perusahaan footwear yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Langkah kami untuk mengandalkan supplier lokal akan membantu pelanggan karena kami dapat menyediakan design baru dan jenis sepatu yang inovatif secara lebih cepat, mohon menantikan style dan comfort yang lebih baik dari koleksi Bata di masa mendatang.

Bagaimana metode manajemen untuk memacu efisiensi di berbagai unit usaha?

Pasca Covid-19, kami menghadapi sejumlah tantangan dalam empat tahun terakhir, termasuk perubahan perilaku konsumen yang cepat dan berdampak terhadap permintaan produk yang diproduksi di pabrik Bata, Purwakarta. Meski demikian, kami telah berupaya sebaik mungkin untuk beradaptasi dan mengatasi rintangan ini, termasuk menjual aset perusahaan lainnya.

Bata merasa perlu untuk mengambil beberapa keputusan sulit demi keberlanjutan perusahaan, yakni menghentikan aktivitas produksi di pabrik kami di Purwakarta dan unit-unit terkait. Ke depannya, kami akan terus berupaya untuk memacu inovasi di berbagai unit usaha untuk meningkatkan pengalaman terbaik ke konsumen.

Apa dampak dari efisiensi?

Langkah kami untuk menggandeng supplier atau pemasok dalam negeri sedang berjalan baik. Proses tersebut sudah dimulai dan produk-produk pertama dari pemasok baru ini akan segera melewati fase pertama quality testing. Hal ini selaras dengan komitmen kami beroperasi di Indonesia, mempertahankan kualitas dan value for money untuk konsumen.

Apa rencana manajemen Bata untuk mengkreasikan bisnis berkelanjutan di masa mendatang?

Perubahan yang berlangsung, yakni memasok dari suppliers Indonesia, alih alih membuatnya di pabrik Purwakarta. Ini dilakukan agar kami dapat menyediakan produk baru yang lebih relevan dengan konsumen. Kami juga lebih fokus pada e-commerce, dan akan terus berinovasi dan memperbaiki pengalaman konsumen melalui omnichannel, dengan mengintegrasikan pengalaman toko offline dengan kemudahan belanja di kanal online. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved