Trends

WSBP Dukung Proyek Tol Banyuwangi

Foto : Dok WSBP.

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) telah mendirikan batching plant Proban, yang berjarak sekitar 8 km dari proyek pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket 3. Kehadiran batching plant ini diharapkan dapat memperlancar produksi produk readymix di lokasi proyek dan dijadwalkan akan mulai beroperasi pada akhir Mei 2024.

"Dengan adanya batching plant Proban ini, kami dapat memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan proyek pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket 3, serta menangkap peluang pasar ritel di sekitar lokasi proyek," ujar Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary WSBP dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis, 16 Mei 2024.

Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket 3 ini akan membentang dari Probolinggo hingga Situbondo, Jawa Timur, dan dikerjakan bersama oleh PP, WIKA, dan Waskita dalam skema kerja sama operasi (KSO). WSBP berperan sebagai pemasok utama beton readymix dan pracetak (precast) dengan nilai kontrak baru (NKB) mencapai Rp69,42 miliar. Total suplai readymix sebanyak 63.000 m3 senilai Rp50,8 miliar, sementara precast sebanyak 1.810 balok setara Rp18,5 miliar.

Pengiriman produk precast ditargetkan selesai pada 28 Juni 2024, sementara readymix pada 31 Desember 2024. Produk precast meliputi 94 balok PC-I, 50 balok Spun Pile D600 Type C, dan 1.676 balok Square Pile Type C, yang diproduksi di pabrik precast WSBP di Prambon dan dikirim menggunakan truk trailer ke lokasi proyek tol.

Untuk produk readymix, terdiri dari beberapa kelas, yakni Kelas E Slump 10±2 NFA, Kelas C Slump 10±2 NFA, Kelas B1 Slump 10±2 NFA, Kelas B2 Slump 10±2 NFA, dan Kelas P Slump 10±2 NFA, yang akan diproduksi langsung di batching plant Proban. "Dengan adanya batching plant ini, kami berharap dapat menghasilkan beton berkualitas tinggi dan konsisten, sekaligus menjaga efisiensi waktu dan biaya produksi," tambah Fandy.

Manajemen WSBP optimistis dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mempercepat pembangunan jalan tol yang menjadi tulang punggung konektivitas negara. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved