Trends

AXA Mandiri Gelontorkan Rp563 Juta Untuk Kegiatan Sosial Hingga Literasi Keuangan

AXA Mandiri Gelontorkan Rp563 Juta Untuk Kegiatan Sosial Hingga Literasi Keuangan
Direksi AXA Mandiri (Foto: Istimewa)

PT Axa Mandiri Financial Services (Axa Mandiri) menggelontorkan dana sosial Rp563 juta untuk pemberdayaan sosial, pelestarian lingkungan hidup, dan literasi keuangan. Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma menjelaskan pihaknya juga menempatkan 100% dana General Account pada instrumen investasi ramah lingkungan atau Green Bond. "Sebagai komitmen terhadap lingkungan, kami juga menanam 4.200 bibit pohon bakau guna melestarikan eksositem pantai dan membantu meneyeram emisi karbon," kata Handojo dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu, 18 Mei 2024.

AXA Mandiri menggelar literasi kesehatan dan keuangan di sejumlah kota mulai dari Medan hingga Sorong. Kegiatan ini, kata Handojo, diutujukan untuk memberdayakan segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengelola keuangan dan melindungi diri dari risiko kesehatan.

AXA Mandiri pada 2023 mencatatkan laba Rp1,33 triliun atau tumbuh 13,2% dibandingkan tahun sebelumnya Rp1,17 triliun. Pertumbuhan ini didorong oleh portofolio bisnis yang sehat, pengelolaan biaya dan resiko underwriting yang baik. Lalu, premi bruto yang dicatatkan sebesar Rp11,682 triliun dengan kenaikan premi nasabah baru 5,2% atau menjadi Rp1,69 triliun. Begitu pula dari sisi investasi yang tumbuh 1,3% atau menjadi Rp1,55 triliun yang ditopang oleh pendapatan bunga dari surat berharga. Di tahun 2023, perseroan juga telah membayar klaim sebesar Rp10,11 triliun.

Sementara itu, total aset AXA Mandiri di tahun lalu itu mencapai Rp41,11 triliun atau melampaui aset di 2022 senilai Rp40,15 triliun. “Ini didukung oleh pertumbuhan bisnis serta strategi penempatan investasi yang pruden,” kata dia. Risk Based Capital (RBC) juga meningkat empat kali lipat dari 477.58% pada tahun 2022 menjadi 519.24%.

Handojo menjelaskan transformasi digital menjadi salah satu cara AXA Mandiri meningkatkan pangsa pasar di tahun 2023. Ditandai dengan meluncurnya Emma by AXA Mandiri yang merupakan portal digital yang memudahkan pelayanan kepada nasabah. "Transformasi digital dilakukan untuk mempermudah nasabah dan mempercepat layanan," ungkapnya.

Analisa tren dan perilaku nasabah dengan menggunakan data analitik juga dimaksimalkan untuk pelayanan serta menangkap peluang bisnis ke depan. Inovasi juga terus digencarkan dari sisi produk. Hal ini terlihat dari peluncuran produk asuransi dalam setahun terakhir. Misalnya saja pada Maret, AXA Mandiri meluncurkan Asuransi Perlindungan Amanah Syariah. Dilanjutkan dengan peluncuran Asuransi Mandiri Flexi Proteksi untuk 77 penyakit kritis pada paruh kedua tahun 2023, dan Asuransi Mandiri Mikro Jiwa Terlindungi (Si Jitu) untuk semua kalangan termasuk pebisnis UMKM hingga pekerja di sektor kecil dan menengah. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved