Technology

Livewell Mengembangkan Fitur Kecerdasan Artifisial

Livewell Mengembangkan Fitur Kecerdasan Artifisial
Foto : Eva Martha Rahayu/SWA.

Livewell, aplikasi kesehatan, menghadirkan fitur Nutrico+. Pada fitur itu, Livewell mengemasnya menjadi fitur yang mengedukasi pengguna aplikasi tentang gaya hidup sehat yang berkelanjutan dan asupan nutrisi. Perusahaan startup yang berdiri sejak tahun 2021 di bawah nanungan Kalayudha Group ini memperkenalkan fitur Nutrico+ menggunakan sistem multimoda kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI). Fitur ini memanfaatkan GPT-4 vision yang dirancang khusus untuk mengenali dan menganalisis ragam makanan Indonesia.

Spesialisasi ini menjadikan Nutrico+ sebagai aplikasi pertama di Indonesia yang dapat menganalisis aspek unik dari seluruh hidangan, khususnya menu Indonesia.CEO Livewell, dr. Andira Utami, menjelaskan, Nutrico+ memudahkan pengguna mengunggah gambar makanan siap saji, makanan kemasan, dan label informasi nilai gizi untuk dianalisis kalori makro dan mikro nutriennya. Nantinya, Livewell mengembangkan lebih lanjut Nutrico+. “Fitur Nutrico+ dapat menggunakan data baru untuk meningkatkan akurasi dan kinerja algoritmanya,” ujar dr. Andira kepada Swa.co.id saat merilis fitur Nutrico+ di Jakarta pada Rabu, 16 Mei 2024.

Pengembangan Nutrico+ akan memungkinan sistem untuk menawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi untuk kebiasaan makan, aktivitas fisik, dan bahkan pola tidur. Fitur ini berfungsi sebagai pendamping kesehatan dan kebugaran yang komprehensif.

Menurutnya, ada 5 fitur di aplikasi Livewell yang dapat membantu para user dalam memantau pola hidup agar menjadi lebih sehat. Pertama, fitur Nutrisi. Melalui fitur ini, individu dapat memasukkan foto atau nama makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan estimasi kalori dan nutrisi yang terkandung dalam makanan. “Livewell mempermudah individu dengan mengembangkan pencacatan asupan lebih detail dengan bantuan Nutrico+, yaitu Al powered food estimator. Dengan menggunanakan fitur ini, individu bisa mengestimasikan jumlah nutrisi berdasarkan deskripsi atau foto yang individu berikan,” ujar Samuel Tampubolon, Chief Technology Operation Livewell.

Kedua, fitur Exercise, yang dapat membantu individu untuk memantau kegiatan fisik dan menentukan target steps harian mereka. Fitur ini juga dapat memberikan informasi terkait kalori yang dibakar hanya dengan santai berjalan kaki atau lari. Yang paling menarik pada fitur ini, individu dapat membagikan aktifitas berolahraga dan hasilnya untuk diunggah ke Instagram Story maupun Feed.

Berikutnya, fitur Sleep yang dapat melakukan tracking terhadap kualitas tidur termasuk tujuan harian individu, breakdown kebiasaan tidur harian, hingga mengetahui chart jam tidur harian individu dalam sepekan.

Fitur yang keempat adalah Water Intake. Agar individu dapat memenuhi kebutuhan hidrasi 8-10 gelas per hari dan terhindar dari dehidrasi, fitur ini membantu individu dalam melakukan input harian terhadap rutinitas mengonsumsi air Kelima, fitur Mood. “Kami juga berusaha meningkatkan kesadaran individu dalam memantau kondisi mood harian melalui fitur Mood, di mana individu dapat memilih suasana mood yang sesuai mulai dari awful sampai great,” ujar Samuel.

Aplikasi Livewell juga dapat memantau keseharian karyawan melalui dashboard perusahaan yang dapat digunakan untuk memantik budaya hidup sehat di tempat kerja, melalui data dan rewards. Ihwal pendirian startup Livewell, Andira mengisahkan pendirian Livewell diawalinya sebagai nutrition and lifestyle consultation secara manual dan one-on-one. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya klien, dia merancang Livewell bisa menjangkau dan membantu lebih banyak orang untuk menebar informasi gaya hidup sehat yang berkelanjutan dan mudah diakses.

Berangkat dari semangat itu, Andira mengalihkan pola manual ke digital “Untuk itu, kami harus menyelaraskan dan mengimplementasikan teori yang saya miliki dalam bentuk sistem,” cetusnya.

Perlahan-lahan, Livewell beranjak menjadi app-based platform yang mengedukasi publik mengenai sustainable healthy living. Mimpi besar Livewell sebenarnya ingin menjadi platform healthy living dan habit forming yang inklusif, sehingga berbagai jenis orang mulai dari yang tidak pernah hidup sehat, sudah hidup sehat, maupun maintain hidup sehat bisa menggunakan platform ini dan mendapatkan manfaat. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved