Capital Market & Investment

Investor Dipacu Tingkatkan Transaksi, Kejar Hadiah

Ilustrasi saham.

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia mendorong transaksi saham dan investasi reksa dana dengan menggelar kejuaraan online trading saham HOTS Championship Season 12 (HCS 12) pada 27 Mei 2024. Perpaduan antara transaksi saham dan investasi reksa dana di dalam satu kompetisi merupakan salah satu inovasi terbaru dari Mirae Asset mengingat layanan yang ditawarkan Mirae Asset. “Tujuan kami dalam HCS musim kali ini adalah mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (IDX) untuk meningkatkan nilai transaksi saham di bursa, nilai investasi reksa dana, sekaligus jumlah trader dan investor di pasar modal Indonesia,” ujar Head of Wealth Management Mirae Asset, M. Arief Maulana, pada siaran pers dikutip Senin (20/5/2024).

Dia mengatakan peserta dapat memilih 200 saham terkurasi berdasarkan parameter kapitalisasi pasar serta likuiditas yang disebut MASI 200 untuk dapat diikutsertakan dalam kompetisi Liga Saham (Equity League) HCS 12. Pada kompetisi ini, Mirae memperkenalkan liga baru yang bernama Funds League. yang dapat diikuti nasabah dengan instrumen reksa dana. Peserta yang merekomendasikan kerabatnya untuk menjadi nasabah dan berinvestasi reksa dana menggunakan aplikasi NAVI juga berkesempatan memenangkan referral challenge khusus nasabah ritel.

HCS adalah perintis kejuaraan online trading saham serta merupakan kompetisi terbesar di pasar modal Indonesia yang sudah dimulai sejak 2020 dengan jumlah peserta puluhan ribu di dalam setiap gelarannya. Kompetisi trading saham HCS 12 mengkategorikan peserta ke dalam tiga liga berdasarkan nilai aset dari peserta yaitu Premier League (aset di atas Rp200 juta), Champs League (aset Rp10 juta-Rp200 juta), dan Semut League (aset di bawah Rp10 juta). Khusus untuk Champs League, tersedia juga 500 orang pendaftar pertama untuk kategori tersebut.

Di setiap pekan, hadiah akan diberikan kepada peserta dengan tingkat keuntungan transaksi (profit return rate) terbesar untuk peserta Premier League dan Champs League. Hadiah bagi profit return rate terbesar juga akan diberikan untuk hadiah final, bersama dengan peserta dengan nilai transaksi terbesar. Dalam HCS 12 ini, Mirae Asset menawarkan hadiah hingga ratusan juta rupiah.

Untuk ikut serta dalam HCS 12, pendaftaran dapat dilakukan oleh nasabah Mirae Asset hingga kompetisi berakhir, baik untuk peserta Equity League maupun Funds League. Syarat untuk mengikuti HCS 12 adalah bertransaksi menggunakan aplikasi HOTS Mirae Asset Sekuritas untuk peserta Equity League dan aplikasi NAVI untuk peserta Funds League, serta melakukan registrasi. Registrasi dapat dilakukan nasabah melalui aplikasi HOTS PC, Neo HOTS Mobile, atau di website hcs Mirae.

Waktu kompetisi Funds League memiliki rentang waktu yang lebih panjang dari Equity League. Equity League berlangsung dari 27 Mei 2024 hingga 19 Juli 2024, sedangkan Funds League dari 27 Mei 2024 hingga 27 November 2024. HCS 12 kali ini memiliki dua jenis kompetisi yaitu Endurance Challenge dan Sprint Challenge. “Lebih panjangnya rentang waktu kompetisi Funds League HCS 12 terkait dengan horizon investasi reksa dana yang lebih panjang dibandingkan dengan transaksi saham yang lebih aktif,” ujarnya.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved