Trends

Kemenparekraf Mengasah Kreativitas Pelaku Ekonomi Kreatif di AKI 2024

Foto : Kemenparekraf.

Direktorat Kuliner Kriya Desain dan Fesyen, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar program akselerator bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 di 8 kota (Bekasi, Serang, Denpasar, Magelang, Singkawang, Blitar, Palu dan Toba). Bootcamp ini berbagi pengetahuan yang mencakup aspek hak kekayaan intelektual, pitching & presentasi, dan pengelolaan Keuangan, produk review & branding, marketplace & promosi digital, design thinking & business model, serta legalitas & standarisasi usaha.

Pelaksanaan bootcamp di masing-masing kota berlangsung selama 3 hari, dari total 12 kota. Bootcamp akan rampung padal 30 Mei 2024. Adapun Sebagai penutup, di hari terakhir peserta akan mengikuti materi Sosialisasi e-katalog dan coaching clinic & mentoring.

Risa, pemilik The Cold Crafters (produsen kopi cold brewery) mengapresiasi kegiatan bootcamp ini “Materi-materi di bootcamp itu sangat bagus, relevan, aplikatif. Para mentor memberikan banyak tips dan trik, dan disampaikan dengan cara yang komunikatif”, ungkap Risa.

Rici Narita, owner dari Narita Bakes (jenama bakery asal Kalimantan), menyampaikan pendapat senada. "Bagi saya ajang ini bagus banget. Disini saya tidak hanya ketemu teman-teman baru dari sekitar Kalimantan, tapi juga dari luar. Di AKI saya juga mendapat banyak materi baru yang saya belum tahu, seperti materi design thinking and business model yang disampaikan Pak Dwi Purnomo,” tuturnya.

The Cold Crafters dan Narita Bakes adalah dua dari 410 jenama dari seluruh Indonesia, yang lolos mengikuti fase bootcamp. Para peserta ini disaring dari 6.680 ribu pendaftar yang terbagi di tujuh subsektor ekonomi kreatif, diantaranya kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, gim, musik dan film.

The Cold Crafters dan Narita dinilai kreatif lantaran mengolah produknya melalui pemilihan bahan baku (bakery tanpa bahan pengawet dan kimia) dan proses (cold brewery coffee). Beragam kreativitas lainnya ditonjolkan oleh para peserta bootcamp AKI 2024 di semua subsektor tersebut.

Setelah fase bootcamp yang menyisakan 4 kota lagi (Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo dan Merauke), maka tahapan berikutnya adalah berpartisipasi pada pameran yang digelar pada akhir Mei hingga Agustus 2024. Kemudian, tahapan akhir dari rangkaian kegiatan AKI 2024 adalah Malam Puncak di Jakarta pada September 2024. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved