Capital Market & Investment

Ambisi BELL Meningkatkan Laba Bersih di 2024

Pegawai pabrik milik BELL tengah memproduksi kain untuk seragam, fashion dan kain. (dok BELL)

PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) pada kuartal I/2024 mencatatkan laba bersih Rp6,6 miliar, meningkat 62% dibandingkan kuartal pertama tahun sebelumnya senilai Rp4,1 miliar. Emiten penyedia kain, seragam, dan fashion ini membidik pendapatan dan laba bersih tumbuh sebesar 15% di akhir tahun ini.

Penjualan bersih perusahaan juga mengalami peningkatan sebesar 22% sehingga mencapai total Rp135,5 miliar, dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu Rp111,4 miliar. Pertumbuhan penjualan tercapai berkat kinerja dari segmen manufaktur dan ritel, masing-masing berkontribusi sebesar Rp74,8 miliar dan Rp47,3 miliar. Kedua segmen tersebut mengalami pertumbuhan masing-masing manufaktur 32% dan segmen ritel 39%.“Penjualan BELL didominasi oleh pasar lokal, dengan 95% penjualan berasal dari pasar domestik dan sisanya 5% dari ekspor. Penjualan kain dan pakaian perusahaan, yang diproduksi dengan bahan baku berkualitas tinggi dari pemasok bersertifikasi Oeko-tex, telah menjadi faktor kunci dalam keberhasilan ini,” kata Karsongno Wongso Djaja, Presiden Direktur BELL pada Senin (20/5/2024).

Karsongno mengatakan kemampuan perseroan untuk memproduksi pesanan khusus secara fleksibel dan menawarkan fitur- fitur khusus pada kainnya juga telah berkontribusi pada kinerja perseroan. Dirinya mengaku senang dengan penjualan domestik untuk Q1 2024. “Kinerja ini merupakan bukti nyata bahwa strategi yang kami terapkan untuk pasar lokal berhasil,” katanya.

BELL juga berhasil mengoptimalkan point of sales (POS) dan memaksimalkan penggunaan toko digital. BELL di 2023 mendirikan 133 gerai JOBB dan 46 gerai Jack Nicklaus di berbagai daerah di Indonesia. Menatap sisa tahun 2024, BELL menargetkan untuk meningkatkan pendapatan dan laba bersih sebesar 15%. “Perseroan berencana untuk mencapai hal tersebut dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki melalui beberapa inisiatif strategis, termasuk menyediakan rantai pasokan yang terintegrasi dengan mengoptimalkan jaringan distribusi, terus mengembangkan momentum penjualan secara online, dan mengembangkan produk JOBB dan Jack Nicklaus,” ujarnya.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved