Capital Market & Investment

Gunakan Teknologi, Investor Pemula Cermati Tren Bearish IHSG

Moduit dan Maybank Sekuritas mengeluarkan platform MOSAIC. (dok. Moduit)

Indeks harga saham gabungan (IHSG) sejak awal tahun hingga 20 Mei 2024 masih tertekan ke zona merah. Ini memberikan tekanan terhadap investor saham. Bagi investor pemula, ini mungkin membingungkan: apakah ini saat yang tepat untuk memulai investasi, melakukan cut loss atau menahan porsi cash.

Jika memiliki dana dan berkeinginan untuk investasi, pertanyaannya adalah apakah harga saham sudah cukup murah dan sektor apa yang sebaiknya dipilih? Pertanyaan-pertanyaan ini sering diajukan oleh investor saham.

Manuel Adhy Purwanto, Head of Investment Research PT Moduit Digital Indonesia (Moduit), mengatakan koreksi IHSG disebabkan oleh ekspektasi pelaku pasar terhadap suku bunga yang diekspektasikan tetap tinggi untuk waktu yang lebih lama. "Selain itu, risiko kenaikan inflasi juga masih menghantui pasar akibat ketidakpastian yang ditimbulkan oleh memanasnya konflik antara Iran & Israel. Hal ini menyebabkan nilai rupiah melemah terhadap dolar AS dan memicu aksi jual di pasar saham,” ucap Manuel di Jakarta, baru-baru ini.

Namun, terdapat peluang di saham-saham yang mungkin diuntungkan oleh kondisi ini, seperti saham komoditas. Meskipun demikian, berinvestasi saham tidaklah semudah itu karena memerlukan banyak pertimbangan agar hasilnya optimal.

Manuel menyebutkan beragam aspek yang perlu dipertimbangkan dalam berinvestasi saham, seperti analisis makroekonomi, fundamental perusahaan, analisis teknikal, hingga money management untuk menentukan porsi trading guna meminimalkan risiko dan memaksimalkan peluang yang bisa dicapai. "Kompleksitas ini membuat banyak investor yang merugi karena tidak mempunyai kemampuan atau waktu untuk melakukan analisa secara komprehensif,” ujar Manuel.

Dia berpendapat investor saham sering menghadapi masalah utama berupa keterbatasan waktu untuk menganalisis pasar dan memperoleh informasi terbaru. Tidak jarang investor mencari solusi dengan memercayakan pengelolaan saham mereka kepada komunitas saham atau influencer saham. Namun, sering kali hal ini malah menyebabkan kerugian finansial karena terjebak oleh oknum influencer saham yang tidak bertanggung jawab.

Untuk membantu investor menghadapi tantangan tersebut, Moduit sebagai pemilik lisensi Penasihat Investasi dari OJK, menawarkan MOSAIC (Moduit Stock Advisory Service). Ini layanan yang menggabungkan keahlian seorang pakar investasi (Portfolio Strategist) dengan dukungan teknologi, untuk memberikan rekomendasi saham yang tepat sasaran bagi investor. Solusi ini diciptakan agar investor tidak lagi merasa kewalahan dengan informasi pasar yang kompleks, bising dan fluktuatif.

Berbeda dengan metode konvensional yang seringkali mengharuskan investor untuk melakukan pemantauan pasar terus-menerus, MOSAIC menyederhanakan proses tersebut dengan teknologi dan keahlian pakar profesional yang telah teruji. Investor dapat menghemat waktu dan tenaga, sekaligus meningkatkan peluang untuk meraih hasil investasi yang lebih baik.

Dengan MOSAIC, investor hanya perlu menggunakan satu platform saja untuk mendapatkan layanan yang lengkap, mulai dari mendapatkan rekomendasi saham, bertransaksi, sampai memantau perkembangan investasinya. “Investor hanya perlu mengisi kuesioner tentang profil risiko dan tujuan keuangannya. Lalu, berdasarkan jawaban investor, Portfolio Strategist Moduit akan memberikan rekomendasi saham yang sesuai. Setelah itu, investor hanya perlu menyetujui rekomendasinya saja, dan tidak perlu repot melakukan transaksi saham sendiri, karena proses transaksi sudah dimudahkan oleh teknologi Moduit,” ujar Edina Saputra, Chief of Development Moduit.

Moduit dan PT Maybank Sekuritas Indonesia bekerja sama untuk memfasilitasi transaksi saham secara seamless, mengurangi beban investor untuk mengelola transaksi secara manual. Inovasi ini terjadi berkat kerja sama yang baik antara Moduit, Maybank Sekuritas, dan regulator, termasuk OJK dan bursa efek. Kerja sama ini juga membantu regulator dalam memberikan perlindungan bagi para investor saham dari oknum influencer saham yang memberikan informasi yang tidak akurat. “Moduit yakin bahwa MOSAIC akan membawa manfaat besar bagi para investor saham di Indonesia dan membantu memperkuat ekosistem pasar modal negara ini,” ucap Stefanus Adi Utomo, Chief Business Officer Moduit. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved