Marketing

Allianz dan Garuda Indonesia Memperkokoh Kemitraan Bisnis

Direktur & Chief Distribution Officer Allianz Utama, Mariani Solihah dan Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia, Ade R. Susardi di Jakarta pada Senin, 20 Mei 2024. (Foto: Jeihan Kahfi Barlian/SWA)

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) dan PT Garuda Indonesia Tbk berkolaborasi untuk menyodorkan produk asuransi perjalanan tujuan domestik dan internasional. Layanan asuransi tambahan (add-on) ini dinamakan Domestic TravelPro Insurance dan TravelPro International Insurance – Enhanced. Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kemitraan yang telah terjalin sejak 2014.

Mariani Solihah, Direktur & Chief Distribution Officer Allianz Utama, menjelaskan produk asuransi ini dirancang untuk meringankan risiko finansial dari penumpang Garuda Indonesia. “Masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap asuransi perjalanan sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting atau kebutuhan tersier ketika melakukan perjalanan. Tantangan tersebut yang mendorong kami untuk berinovasi dan melakukan kolaborasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus memberikan akses perlindungan yang tepat,” ujarnya pada jumpa pers di Jakarta, Senin (20/5/2024).

Asuransi ini bertujuan memberikan layanan tambahan dan mengoptimalkan perlindungan kepada penumpang Garuda Indonesia pada saat melaksanakan perjalanannya,meminimalisir risiko yang berpotensi terjadi pada perencanaan perjalanan, penyesuaian jadwal penerbangan, proteksi barang pribadi selama perjalanan hingga proteksi terhadap kecelakaan ketika sedang di perjalanan dan penumpang Garuda jatuh sakit ketika di perjalanan luar negeri.

Mariani menambahkan kontribusi travel insurance terhadap terhadap total pendapatan premi bruto Allianz Utama di tahun lalu itu sebesar 12%. “Kinerja asuransi perjalanan semenjak masa transisi dari era pandemi pada 2023 tumbuh 500%, dibandingkan tahun 2022. Hal ini karena masyarakat sudah kembali bepergian usai pandemi Covid-19 berakhir,” ujar Mariani.

Pada kesempatan ini, Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia, Ade R. Susardi mengatakan kerja sama dengan Allianz ini merupakan upaya Garuda Indonesia untuk terus mengembangkan ekosistem digital khususnya pada website Garuda Indonesia. "Rencananya, kerja sama ini diperluas melalui platform aplikasi FlyGaruda yang diharapkan dapat memberikan solusi one stop service untuk memenuhi kebutuhan terhadap berbagai layanan penerbangan dan pendukungnya,” tutur Ade.

Domestic TravelPro Insurance dan TravelPro International Insurance - Enhanced memberikan manfaat perlindungan luas kepada penumpang ketika sebelum perjalanan dan selama perjalanan. Beberapa manfaat perlindungan yang diberikan adalah memberikan penggantian biaya yang telah dibayar dan tidak dapat dikembalikan seperti biaya transportasi, akomodasi, tempat wisata hingga visa apabila terjadi pembatalan perjalanan sebelum keberangkatan akibat hal-hal yang dijamin oleh polis.

Selain itu, apabila terjadi penundaan perjalanan atau bagasi dengan waktu minimal 2 jam berturut-turut, juga akan diberikan manfaat santunan penundaan sesuai dengan limit yang berlaku. Apabila penumpang mengalami kecelakaan saat perjalanan domestik, produk Domestic TravelPro Insurance menjamin biaya medis yang muncul dari kecelakaan tersebut. Apabila kecelakaan tersebut mengakibatkan kematian atau cacat tetap maka Allianz Utama akan memberikan santunan sesuai dengan limit dan ketentuan yang berlaku.

Khusus untuk asuransi TravelPro International Insurance – Enhanced, perlindungan biaya medis turut mencakup penyakit serius atau cedera, termasuk karena virus yang telah dinyatakan sebagai epidemi atau pandemi yang diderita selama perjalanan. Selain itu, kedua produk asuransi menanggung biaya evakuasi dan repatriasi medis darurat. Semua perlindungan ini mudah diperoleh penumpang saat pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara online. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved