Economic Issues

DBS Proyeksikan Perekonomian Indonesia Tumbuh 5% di 2024

Foto : Bank DBS Indonesia.

PT Bank DBS Indonesia memprediksi perekonomian Indonesia pada 2024 tumbuh sebesar 5%. “Pertumbuhan sekitar 5% yang didorong oleh investasi di bidang infrastruktur, peningkatan produksi industri, dan sektor jasa,” kata Presiden Direktur Bank DBS Indonesia, Lim Chu Chang pada DBS Asian Insights Conference 2024 yang bertajuk Strategi Ekonomi Pasca Pemilu dan Masa Depan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045 di Hotel Mulia, Jakarta pada Selasa (21/5/2024).

Lim menyakini stabilitas tetap terjaga pasca pengumuman Presiden-Wakil Presiden sehingga berdampak positif terhadap arus investasi. “Kami memperkirakan sektor swasta akan melanjutkan investasi dan hal ini akan mendukung pertumbuhan di Indonesia,” jelasnya. Di sisi lain, segmen investasi asing atau foreign direct investment (FDI) akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Investasi asing telah mencapai titik tertinggi selama 4-5 tahun terakhir. Hal ini memungkinkan kinerja ekspor yang kuat dan dukungan yang lebih luas,” ujar Lim.

Pada kesempatan ini, Chief Economist and Managing Director Bank DBS Indonesia, Taimur Baig memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang konsumsi dalam negeri. Ketegangan geopolitik dan pelemahan harga minyak mentah relatif minimal mempengaruhipertumbuhan ekonomi Indonesi. “Permintaan terkait komoditas, tidak akan menjadi sumber pertumbuhan besar pada tahun ini, terutama karena minyak berada pada posisi yang lemah,” tutur Taimur.

Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, mengatakan pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun 2024 akan mencapai 5,2%. “Saya yakin ketahanan perekonomian Indonesia di tahun 2024 akan terus mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar dari 5%,” tutur Suahasil. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved