Trends

Pandawa Agri Implementasikan Praktik Berkelanjutan Berstandar Global

Foto : Pandawa Agri.

Prinsip praktik berkelanjutan diimplementasikan Pandawa Agri Indonesia lantaran mempublikasikan Environmental Label Tipe 3, sertifikat Deklarasi Produk Lingkungan atau Environmental Product Declaration (EPD) untuk produk WEED Solut-ioN. Pencapaian ini menegaskan komitmen Pandawa Agri terhadap keberlanjutan dengan mempublikasikan dampak lingkungan dari produknya pada dokumen EPD.

EPD adalah dokumen terstandarisasi yang diakui global dan memuat informasi yang transparan dan terverifikasi mengenai dampak lingkungan suatu produk di seluruh siklus hidupnya. Dokumen EPD untuk produk WEED Solut-ioN ini menguraikan dampak produk terhadap lingkungan. Contohnya, konsumsi bahan baku, penggunaan energi dan air, timbulan limbah, dan emisi yang dihasilkan. Data ini dihasilkan melalui Penilaian Daur Hidup atau Life Cycle Assessment (LCA) yang dilakukan secara ketat dan telah diverifikasi secara independen oleh pihak ketiga yang diakui secara internasional.

Kukuh Roxa, CEO Pandawa Agri Indonesia, mengatakan sertifikat EPD ini menempatkan Pandawa Agri sebagai pionir dalam solusi pertanian berkelanjutan di Indonesia. “Saat ini, Pandawa Agri menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerbitkan EPD untuk kategori produk kimia dasar (basic chemical) yang memperoleh sertifikat EPD untuk produk basic chemical,” kata Kukuh dalam siaran pers yang dikutip pada Rabu (22/5/2024).

WEED Solut-ioN diformulasikan menggunakan bahan-bahan tidak beracun yang berasal dari alam, menawarkan alternatif yang aman dan ramah lingkungan dibandingkan metode pengendalian gulma secara konvensional dengan bahan kimia berbahaya. Dengan sertifikat EPD, konsumen kini dapat membandingkan dampak lingkungan dari WEED Solut-ioN dengan produk alternatif lainnya, sehingga memungkinkan petani mengambil keputusan berdasarkan data untuk kegiatan operasional pertanian mereka.

Kukuh menyampaikan sertifikat ini akan membantu konsumen untuk mengambil keputusan yang tepat mengenai praktik pertanian yang berkelanjutan. “Dengan memilih WEED Solut-ioN, mereka dapat secara signifikan mengurangi ketergantungan terhadap pestisida dan emisi gas rumah kaca (GRK) terkait,” ucap Kukuh.

Adapun, dokumen Deklarasi Produk Lingkungan atau EPD itu berfungsi sebagai informasi yang transparan dan kredibel mengenai dampak lingkungan suatu produk sepanjang siklus hidupnya. Mendapatkan sertifikat EPD sejalan dengan dedikasi Pandawa Agri dalam menghadirkan produk ramah lingkungan dan memperkuat aspek keberlanjutan di seluruh kegiatan operasionalnya. “Transparansi adalah hal terpenting dalam sektor pertanian saat ini,” lanjut Kukuh.

Dengan mempublikasikan EPD, Pandawa Agri tidak hanya membantu pelanggan memenuhi standar transparansi industri, namun juga memberi keunggulan kompetitif bagi perusahaan mereka. “Kami yakin hal ini bermanfaat untuk sektor pertanian secara global, khususnya di Indonesia," kata Kukuh.

Pandawa Agri Indonesia berkomitmen untuk membuka jalan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan, mendorong inovasi di bidang pertanian ramah lingkungan. Dengan sertifikat EPD untuk WEED Solut-ioN, perusahaan ini memperkuat dedikasinya untuk menghadirkan produk yang tidak hanya memenuhi permintaan pasar, tetapi juga mengedepankan pelestarian dan tanggung jawab lingkungan.

Pandawa Agri Indonesia merupakan perusahaan pertanian berbasis life-science pertama dari Indonesia, dan saat ini satu-satunya di dunia, yang memiliki inovasi dalam berupa produk pengurang pestisida (reduktan pestisida). Berawal dari inovasi tersebut, Pandawa Agri Indonesia berkomitmen membantu para pelaku usaha pertanian untuk mewujudkan praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan, ramah lingkungan, aman bagi pengguna, dan juga efisiensi biaya.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved