Capital Market & Investment

KSEI dan IFG Life Perkokoh GCG, Implementasikan Sistem S-Multivest

Foto : KSEI.

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) meluncurkan penggunaan perdana layanan Sistem Multi Investasi Terpadu (S-Multivest) di Jakarta pada Selasa kemarin. Kerja sama antara KSEI dan IFG Life ini merupakan jalinan perdana antara pasar modal dan perusahaan asuransi dalam hal penggunaan sistem.

Samsul Hidayat, Direktur Utama KSEI, menyampaikan kerja sama penggunaan S-Multivest di industri keuangan ini bermanfaat untuk pengguna S-Multivest maupun regulator. Manfaatnya antara lain efisiensi proses, platform yang terintegrasi, serta kemudahan pemantauan dan pelaporan.

S-Multivest merupakan platform yang mengintegrasikan pemilik aset (asset owner) dengan pelaku industri investasi dalam rangka penyelesaian transaksi multi-investasi khususnya dalam proses pengiriman instruksi, pemberian konfirmasi antar para pihak serta memenuhi kebutuhan pelaporan secara elektronik. Platform yang diluncurkan KSEI sejak tahun 2021 ini merupakan pengembangan dari Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu (S-Ivest) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi reksa dana sejak tahun 2016.

Kedua sistem tersebut merupakan salah satu tonggak sejarah pengembangan pasar modal Indonesia, karena KSEI berhasil mengembangkan sistem terintegrasi untuk proses administrasi dan transaksi produk investasi. "Selain itu dengan adanya standarisasi proses, data yang terintegrasi, dan ketersedian data transaksi secara realtime diharapkan dapat memberikan manfaat bagi regulator untuk mempermudah proses pengawasan oleh regulator terhadap pengguna S-Multivest,”’ ucap Samsul di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta pada Selasa (21/5/2024). Dia berharap sistem S-Multivest menarik minat perusahaan lainnya di industri keuangan.

Direktur Investasi IFG Life, Mufri Dharmawan, menyatakan penggunaan layanan S-multivest ini membuat kegiatan operasional investasi lebih efisien dan pengelolaan investasi menjadi lebih transparan karena data transaksi dapat diakses oleh regulator. Hal ini merupakan salah satu upaya nyata IFG Life untuk memastikan aset investasi dikelola secara profesional dengan memegang prinsip kehati-hatian sebagai bagian dari tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) dan manajemen risiko. “Ini sesuai komitmen IFG Life guna memastikan proses bisnis yang akuntabel dan berkelanjutan bagi nasabah. Tujuan utama penggunaan platform S-Multivest agar dana nasabah aman, sehingga rencana masa depan pemegang polis IFG Life tetap terjaga,” tutur Mufri.

IFG Life merupakan perusahaan asuransi pertama yang menggunakan S-Multivest. Sistem ini mengintegrasikan pemilik aset (asset owner) dengan pelaku industri investasi dalam rangka penyelesaian transaksi multi-investasi khususnya dalam proses pengiriman instruksi, pemberian konfirmasi antar para pihak serta memenuhi kebutuhan pelaporan secara elektronik.

Pada kesempatan ini, Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegaram mengapresiasi inovasi oleh KSEI . Sistem S-Multivest dari KSEI ini dapat memberi nilai tambah terhadap pelayanan untuk nasabah kustodian CIMB Niaga, khususnya dari sisi validitas dan efisiensi waktu dalam pengiriman instruksi. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved