Trends

Intip Praktik Keuangan Berkelanjutan di Maybank Indonesia

Ilustrasi foto : Istimewa.

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) berkomitmen untuk terus meningkatkan pembiayaan Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB) untuk mendukung proyek ramah lingkungan, terutama pengembangan energi baru dan terbarukan.

Maybank Indonesia pada 2023 telah memobilisasi Rp1,2 triliun untuk pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang disalurkan kepada perempuan pra-sejahtera sebanyak kurang lebih 287.500 orang. “Total pembiayaan portofolio Maybank Indonesia berdasarkan kriteria Kerangka Kerja Produk Berkelanjutan (Sustainable Product Framework/SPF) pada tahun 2023 mencapai Rp3,5 triliun,” ujar Head of Sustainability Maybank Indonesia, Maria Trifanny Fransiska di Jakarta, Selasa kemarin.

Kerangka kerja tersebut memandu pengembangan dan klasifikasi produk hijau, sosial, berkelanjutan, sustainability-linked, dan transisi. Maybank Indonesia memberikan pembiayaan kendaraan listrik dan hybrid yang melebihi target sebesar 87% dan meningkatkan kesejahteraan 135.575 rumah tangga melalui penyaluran kendaraan roda dua untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan UMKM.

Untuk merealisasikan dukungan Maybank Indonesia pada kinerja keuangan berkelanjutan, Maybank Indonesia terus mencermati banyaknya peluang usaha baru yang mengarah pada capaian pembangunan berkelanjutan. “Kami telah menyalurkan Rp1,5 triliun untuk pembiayaan KKUB di bidang efisiensi energi. Total pembiayaan KKUB pada tahun 2023 mencapai Rp21,7 triliun, berkontribusi 21,2% dari total kredit perseroan," ujar Maria menjabarkan.

Maybank Indonesia juga secara konsisten terus mengajak setiap karyawan untuk berperan serta dalam menciptakan lingkungan kerja yang hijau, mengurangi dampak negatif perubahan iklim, dan menerapkan nilai-nilai keberlanjutan dalam kegiatan sehari-hari. “Kami secara proaktif terus menerapkan perubahan budaya menuju hidup yang lebih berkelanjutan. Lebih dari 250.000 jam para Maybankers (karyawan Maybank) telah habiskan untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan,” tambahnya.

Setelah menetapkan dan memvalidasi tahun dasar di 2023, Maybank Indonesia akan terus mencermati proses pengukuran dan penetapan target emisi, membangun strategi bisnis khusus segmen, dan membangun model usaha dengan target yang terintegrasi dan berkelanjutan, mencakup tata kelola dan organisasi, proses usaha, indikator kinerja individu, dan proses persetujuan kredit. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved