Trends

OJK Dorong Literasi Keuangan Guru SD dan Madrasah

Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK di Jakarta pada Senin, 20 Mei 2024 (Foto : OJK).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya mempercepat peningkatan literasi keuangan masyarakat termasuk kepada kalangan guru yang merupakan bagian dari Sasaran Prioritas Penerima Program Edukasi berdasarkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025 dengan menggelar kegiatan nasional Training of Trainers kepada para guru SD/ Madrasah ibtidaiyah (MI) di Jakarta pada awal pekan ini. Acara ini bersinergi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Kementerian Agama.

Kegiatan bertajuk Guru Cerdas Keuangan, Wujudkan Masa Depan Sejahtera ini dilaksanakan hibrid dan dihadiri 400 guru di wilayah Jakarta secara offline dan sekitar 2.700 guru lainnya dari seluruh Indonesia pada platform digital. Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK, menyatakan, keberadaan sekolah dan guru menjadi salah satu faktor penting yang dapat mengakselerasi tingkat literasi keuangan serta untuk mewujudkan masa depan yang lebih sejahtera. “Ibu dan Bapak adalah agent of change dan agent of development yang sangat kita harapkan untuk memberikan edukasi, menyampaikan pendidikan, informasi tentang jasa keuangan,” ujar Friderica seperti ditulis swa.co.id pada Rabu (22/5/2024).

Pendidikan dan literasi keuangan, menurut Federica, merupakan essential life skill yang harus dimiliki dan diajarkan yang tidak kalah penting dengan berbagai materi pembelajaran di sekolah. "Literasi keuangan akan membantu Bapak dan Ibu dan bahkan peserta didik nanti dalam mengenal uang, bagaimana memperolehnya, menyimpannya, dan membelanjakannya dengan bijak di kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Rachmadi Widdiharto, Direktur Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengapresiasi inisiatif OJK dalam memberikan pelatihan bagi para Guru khususnya bagi rekan-rekan Guru Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah. Pendapat senada disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan di Kementerian Agama, Thobib Al Asyhar.”Literasi keuangan ini sangat penting bagi kehidupan kita, khususnya guru dan stakeholder madrasah. Agar kita mampu untuk mengelola keuangan dengan baik,” ucap Thobib. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved