CSR Corner

Gencarkan Energi Hijau, Paiton Energy Pasang PLTS Atap di SMKN 54 Jakarta

Ilustrasi PLTS. (Foto : Istimewa).

PT Paiton Energy (PE) memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 54 Jakarta. Inisiatif ini untuk mengurangi emisi karbon melalui sektor energi. PE menghadirkan energi minim karbon berupa Solar PV (Photovoltaic) dalam bentuk 20 unit PLTS Atap dengan kapasitas 10 kWp.

Presiden Direktur Paiton Energy, Fazil Erwin Alfitri, mengatakan Solar School PV merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan sebagai bentuk implementasi konsep Environmental, Social, and Governance (ESG), mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). “Perusahaan percaya bahwa pendidikan dan lingkungan yang sehat merupakan fondasi yang penting bagi pembangunan berkelanjutan,” kata Fazil di Jakarta pada Selasa, (21/5/2024).

Head of External Relations Paiton Energy, Bambang Jiwantoro, menyampaikan ketersediaan PLTS Atap di SMKN 54 diharapkan dapat memotivasi siswa dan sekolah untuk terlibat aktif dalam upaya pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan kelestarian lingkungan, serta aktif dalam pengurangan emisi karbon yang memicu terjadinya perubahan iklim. “Pemanfaatan PLTS di sekolah menjadi langkah nyata dalam menciptakan masa depan berkelanjutan dan memberikan kontribusi bagi mitigasi perubahan iklim,” kata Bambang.

Kepala Sekolah SMKN 54 Jakarta, Hamidah Nasir, mengapresiasi kontribusi PE dalam menyediakan PLTS Atap di sekolah. Kontribusi ini merupakan investasi besar dalam masa depan pendidikan dan lingkungan sekolah. “Kami berkomitmen untuk menjaga dan memanfaatkan PLTS Atap ini sebaik mungkin, dan kami berharap bahwa hal ini akan menjadi contoh positif bagi sekolah lain dan masyarakat sekitar," kata Hamidah .

Pendapat senada disampaikan oleh Staf Kesiswaan SMKN 54 Jakarta, Mohamad Wafirul Hadi. PLTS Atap menjadi alat untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya konservasi energi dan pelestarian lingkungan. Paiton Energy melaksanakan program CSR dipantau oleh Komite Pengembangan Masyarakat. Program dikategorikan dalam tiga fokus yaitu mendukung keberlanjutan perusahaan (pembangkit), keberlanjutan sosial ekonomi, serta keberlanjutan energi dan lingkungan, mendukung program pemerintah Daerah Khusus Jakarta untuk pembentukan sekolah Net Zero Carbon pada 2050.

Salah satu program CSR PE di sektor keberlanjutan energi dan lingkungan adalah Program Langit Biru berupa penyediaan stasiun listrik bertenaga surya, stasiun pengisian kendaraan listrik, 8 unit golf car listrik, dan 50 sepeda motor listrik yang ditempatkan di TMR, Monas, dan Dinas Teknis Jatibaru. PE membangun PLTS Atap di SMKN 54 Jakarta sebagai bagian dari upaya Perusahaan turut mendukung program pemerintah RI meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan dan mengurangi emisi karbon. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved