Technology

Tangkal Ancaman Siber, Kaspersky Tawarkan Pendekatan XDR

Konferensi pers peluncuran lini produk keamaan siber Kaspersky Next di Jakarta, (21/5) (foto: Jeihan Kahfi Barlian/SWA)

Upaya dalam perlindungan keamanan siber terus mengalami tantangan seiring bermunculan ancaman baru. Berdasarkan statistik Kaspersky, di Indonesia tercatat sebanyak 97.465 serangan phishing terhadap institusi finansial, 16,4 juta insiden lokal, 11,7 juta serangan Remote Desktop Protocol (RDP) , dan 97,226 deteksi ransomware pada periode Januari-Desember tahun lalu.

Sedangkan secara global, terdapat 411 ribu jenis malware baru setiap hari yang terdeteksi pada 2023. Hal ini menyebabkan 51% bisnis kesulitan mendeteksi dan menyelidiki ancaman tingkat lanjut dengan alat yang ada saat ini. Sekitar 70% perusahaan mengatakan sulit untuk mengikuti perkembangan keamanan oleh alat analisis keamanannya.

Menurut Laporan Modernisasi XDR dan SOC dari Enterprise Strategy Group tahun 2022, pelaku bisnis masih kesulitan menemukan alat keamanan informasi yang dapat mendeteksi dan menyelidiki ancaman tingkat lanjut secara tepat waktu. Guna menjawab tantangan tersebut, perusahaan keamanan siber global Kaspersky terus mengembangkan solusinya untuk memenuhi semua kebutuhan keamanan siber dunia bisnis dengan membangun kerangka kerja keamanan yang andal. Kaspersky memperkenalkan lini produk andalan barunya ‘Kaspersky Next’ yang menggabungkan perlindungan titik akhir dengan transparansi dan kecepatan EDR (Endpoint Detection and Response) serta visibilitas dan kekuatan XDR (Extended Detection and Response) yang lebih advanced.

Pelanggan kini dapat memilih satu dari tiga tingkatan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis mereka, kompleksitas infrastruktur TI, dan ketersediaan sumber daya. Untuk diketahui, EDR adalah teknologi keamanan yang difokuskan pada endpoint, sedangkan XDR adalah evolusi dari EDR dan mencakup beberapa lingkup keamanan. Dengan diperkenalkannya Kaspersky Next, dapat menyederhanakan kompleksitas EDR dan XDR untuk bisnis dan organisasi di Indonesia dari semua ukuran.

Kaspersky Next adalah bagian dari ekosistem produk B2B keamanan siber yang mencakup perlindungan titik akhir yang kuat yang didukung oleh kemampuan AI, dan melampaui EPP klasik, yang menyatukan EDR dan XDR untuk pelanggan korporat dari berbagai ukuran dan industri. EDR dan XDR membantu perusahaan bertahan dari serangan yang canggih, sehingga memberikan visibilitas, kendali, respon cepat, dan perburuan ancaman yang proaktif kepada bisnis. “Di tengah lanskap perkembangan teknologi yang pesat saat ini, Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu negara yang mengalami transformasi pesat. Hal ini membuka peluang baru bagi pelaku industri dan juga penjahat dunia maya. Mengingat kemungkinan ini, perusahaan harus memprioritaskan peningkatan keamanan siber untuk melindungi aset mereka dari ancaman tingkat lanjut, memastikan kepatuhan terhadap peraturan, dan membangun kepercayaan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan keunggulan kompetitif,” kata Dony Koesmandarin, Enterprise Group Manager untuk Indonesia di Kaspersky.

Kaspersky Next bersifat deployment-agnostic dan memungkinkan instalasi cloud dan on-premise. Perusahaan dapat mengelolanya melalui konsol yang disederhanakan untuk melakukan tugas-tugas inti keamanan siber dengan cepat, atau melalui konsol tingkat perusahaan dengan kontrol lebih terperinci dan pemantauan tingkat lanjut. Lini produk baru ini memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis ancaman yang paling banyak dihadapi bisnis, seperti ransomware, malware, dan pelanggaran data, serta menghindari penetrasi infrastruktur melalui Business Email Compromise, serangan rantai pasokan, eksploitasi, dan kerentanan lainnya.

Kaspersky Next mencakup beberapa fitur otomatisasi seperti pemantauan dan pemblokiran cloud, manajemen kerentanan dan patch, pemindaian IoC, dan playbook yang dapat membantu bisnis tidak hanya mendukung deteksi efektif dan remediasi ancaman kompleks dan baru, namun juga secara signifikan mengurangi beban tim keamanan siber dengan meminimalkan jumlah tugas rutin keamanan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved