Marketing

Kontribusi Penjualan Avoskin di Shopee Capai 40%

Founder Avoskin, Anugrah Pakerti. (Foto : Shopee).

Anugrah Pakerti adalah rising star di industri kosmetik nasional. Kiprahnya di industri kosmetik itu menuai beragam penghargaan, diantaranya Forbes 30 Under 30 Asia di 2020. Pengusaha muda ini melejitkan bisnis kosmetik dalam tempo singkat. Anugrah bersama rekannya mendirikan perusahaan kosmetik, yakni PT AVO Innovation Technology (AVO) di 2014. Perusahaan ini memproduksi Avoskin, produk skincare.

Anugrah yang mengemban jabatan sebagai CEO di AVO ini menakhodai perusahaanya untuk merebut ceruk pasar kosmetika. Jenama Avoskin terinspirasi dari kata Avocado yang mencerminkan unsur alamiah. Produks skincare buatan Avoskin ini memanfaatkan bahan alamiah.

Demi memperluas jangkauan pemasaran dan distribusi, Anugrah menjual aneka ragam produk Avoskin di Shopee. " Perjalanan brand kami lebih berfokus pada penjualan online sehingga memudahkan konsumen untuk mencoba produk kami, termasuk salah satu langkah strategis kami adalah bergabung dengan platform Shopee," ujar Anugrah pada keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Produk-produk Avoskin bervariasi dan bisa digunakan unisex (wanita dan pria). Avoskin berkreasi untuk merilis setiap produknya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen yang beragam. Selain itu, unique selling point dari produknya adalah pemilihan natural ingredients dan konsep berkelanjutan (sustainability) yang terus diimplementasikan mulai dari proses rantai pasok (supply chain), produksi hingga kampanye. Avoskin menggabungkannya dengan kandungan aktif seperti AHA, BHA, Tranexamic, Lactic Acid, Retinol dan lainnya yang juga teruji efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Produknya ini mudah dibeli konsumen di lokapasar (e-commerce).

Avoskin sejak 2019 berkolaborasi dengan Shopee untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas produk, dan penjualan melalui platform online. “Sejak pertama kali berjualan di Shopee, Avoskin telah mengalami peningkatan penjualan yang luar biasa berkat fitur dan kampanye menarik yang ditawarkan oleh Shopee,” ujar Anugrah.

Salah satu strategi yang digunakan adalah kampanye angka kembar yang kian menjadi alasan utama pengguna berbelanja online dan berhasil menghasilkan lonjakan pesanan hingga 9 kali lipat dibandingkan hari biasa. Avoskin juga menyadari pentingnya membangun loyalitas konsumen yang dapat diperkuat melalui fitur-fitur yang ada di Shopee, seperti flash sale, voucher, dan live streaming. "Kami juga berupaya memberikan layanan customer service yang responsif dan solutif melalui fitur chat di Shopee untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan konsumen dengan baik," tuturnya.

Avoskin meningkatkan interaksi yang lebih dekat dengan konsumen melalui fitur Shopee Live dan Shopee Video . Penjual dapat berinteraksi dan memperkenalkan produk secara lebih detail, serta tidak lupa memberikan penawaran menarik pada sesi live itu.

Setelah bergabung dengan Shopee, Avoskin membukukan peningkatan penjualan yang signifikan. Pada tahun 2022, Avoskin telah melakukan aktivasi fitur Shopee Live sebagai bentuk strategi digital untuk memperkuat interaksi dengan konsumen. “Dengan mengoptimalkan fitur ini, kontribusi penjualan Avoskin d Shopee Live terhadap total pendapatan Avoskin berkisar 30% hingga 40% di bulan Mei tahun ini. Fitur ini juga memberikan kesempatan bagi Avoskin untuk mendapatkan eksposur yang lebih banyak dan benefit voucher dari Shopee, sekaligus menarik konsumen baru dan memperkuat branding bisnis kami,” ucap Anugrah menjabarkan.

Embrio Bisnis Avoskin

Pada kesempatan sebelumnya, Anugrah mengisahkan asal mula pendirian Avoskin bermula berasal dari kamar kos-kosan seluas 2,5 x 3 meter. Anugrah bersama kedua sahabat dan karyawannya itu memulai penjualan Avoskin dari rumah ke rumah (door to door). Guna menggenjot penjualan, Anugrah dkk mengoptimalkan kanal digital sebagai saluran pemasaran dan promosi produk.

Setahap demi setahap, mereka mengedukasi konsumen mengenai produk Avoskin. Perlahan-lahan, penjualan Avoskin kian melambung tinggi. Mereka berinovasi melahirkan produk lainnya. Misalnya, Avoskinluminous (emulsion night cream), Intensive divine day cream, serta hydrating treatment essence.

Target konsumen yang dibidik adalah perempuan berusia 18-35 tahun yang daya belinya di level medium-premium. Untuk diferensiasi produk, Avoskin mengusung konsep berbeda-beda dari setiap portofolio produknya itu. Setiap produknya berlandaskan nilai yang diusung AVO, yakni keberlanjutan.

Contohnya, Avoskin mengusung green beauty concept dan Oasea Laboratories mengusung blue beauty concept. “Pada 2016 saat edukasi mulai masif, ada salah satu inovasi yang kami rilis, yaitu PHTE (Perfect Hydrating Treatment Essence),” sebut Anugrah yang merampungkan kuliah program S1 dari Jurusan Teknik Informatika di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Avaoskin memiliki Departmen Product Innovation and Development yang mengemban tugas untuk pengembangan inovasi. Mekanisme kerjanya bervariasi , misalnya riset dan menghimpun ide kreatif. Inovasi terus dikreasikan untuk memperkuat ekosistem inovasi yang melibatkan konsumen, komunitas hingga perguruan tinggi.

Inovasidikreasikan Avoskin untuk memproduksi produk yang memberi efek atau efikasi yang lebih baik. Inovasi produk menelurkan beragam produk yang diminati konsumen, bernilai tambah dan bertautan dengan prinsip berkelanjutan. Avoskin, lanjut Anugrah, menerapkan prinsip perdagangan yang wajar, beretika dan berkelanjutan untuk memperoleh bahan baku dari beberapa negara penghasil sumber bahan baku terbaik, mulai dari Indonesia, Korea Selatan, hingga Perancis.

Seluruh produk Avoskin mengantongi sertifikasi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Kemudian, Avoskin menginformasikan beragam aspek penting, antara lain kandungan dan formula produk yang disajikan di kemasan produk. “Kami juga melakukan audit secara berkala terhadap kualitas setiap produk,” ucap Anugrah, lulusan S2 di jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen, Universitas Gadjah Mada.

Strategi ini kian meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Avoskin. Ke depannya, Anugrah berencana menggenjot ekspansi bisnis dan melahirkan inovasi produk yang bakal memikat hati konsumen. Avoskin juga berkomitmen untuk berkontribusi terhadap perekonomian lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Tips Perawatan

Produk skincare dan body care bukan hanya ditujukan untuk wanita, tetapi juga pria agar tampil memukau dan lebih percaya diri setiap harinya. Menurut penelitian, tekstur kulit pria lebih tebal dan memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan kulit wanita, sehingga kulit pria lebih rentan terhadap masalah jerawat hingga kusam. Ditambah lagi, aktivitas sehari-hari dan polusi juga berdampak pada semua kulit tanpa melihat gender.

Berpijak dari hal tersebut, Avoskin memperkenalkan Refal Hady sebagai Local Brand Ambassador sejak tahun 2022. Avoskin dan Refal Hady merepresentasikan semangat dan misi yang sama yaitu berkarya dan selalu menyajikan performa terbaik. Refal merupakan sosok anak muda yang digemari oleh semua kalangan masyarakat, sehingga diharapkan dapat juga merangkul konsumen pria untuk lebih menyadari pentingnya merawat diri.

Agar para pria tampil lebih menawan, berikut tahapan skincare Avoskin yang dapat digunakan di pagi dan malam hari.

Skincare Pagi Hari:

  1. Bersihkan wajah dengan Natural Sublime Facial Cleanser.
  2. Hidrasi kulit dengan Perfect Hydrating Treatment Essence.
  3. Gunakan Intensive Divine Day Cream.
  4. Beri perlindungan tambahan dengan The Great Shield Sunscreen

Skincare Malam Hari:

  1. Bersihkan wajah dengan Natural Sublime Facial Cleanser.
  2. Nutrisi kulit dengan Your Skin Bae Toner Vitamin C.
  3. Hidrasi kulit dengan Perfect Hydrating Treatment Essence.
  4. Gunakan Your Skin Bae Serum Hyacross (untuk kulit kering).
  5. Kunci kelembaban kulit dengan Night Cream.

© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved