Technology

Bababos Menjembatani Produktivitas Pengusaha Cilik

Yayat, pengusaha yang memproduksi segel plastik. (Foto : Bababos).

Yayat, pelaku industri kecil dan menengah (IKM) sempat menolak permintaan pelanggan baru lantaran kekurangan modal kerja untuk membeli bahan baku. Dampaknya, Yayat belum bisa meningkatkan kapasitas produksi untuk memproduksi segel plastik di rumah produksinya di Tangerang, Banten.

Berpijak dari pengalaman Yayat , Bababos menghadirkan solusi untuk pelaku usaha IKM. Bababos menyediakan jenis bahan baku yang diinginkan Yayat, dengan harga terbaik dan kualitas yang pasti terjamin. Yayat mengapresiasi kualitas bahan baku yang dibelinya dari Bababos. Kualitasnya sesuai yang standar.

Selain itu, Yayat bisa menggunakan fasilitas pembayaran pada jangka waktu tertentu sehingga arus kasnya cukup stabil. Imbasnya, Yayat bisa menggunakan dana dari koceknya untuk biaya produksi. Usahanya kian berkembang, penjualan segel plastik buatan Yayat semakin melambung.

Pelan tapi pasti, Yayat menggunakan dana itu untuk membeli 2 mesin baru sehingga kapasitas produksi segel plastik naik menjadi 4 juta. Efeknya, Yayat meningkatkan penjualan produknya itu sebanyak 3 kali lipat setelah bergabung dengan Bababos. "Saat ini usaha saya sudah sangat berkembang,” ungkap Yayat.

Co-Founder & CEO Bababos, Fajar Adiwidodo, mengatakan Bababos mencoba mengembangkan solusi dan layanan yang fokus memacu pertumbuhan bisnis IKM agar bisa naik kelas. ”Dampak nyata yang dirasakan IKM menjadi bahan bakar bababos untuk terus bertumbuh,” tutur Fajar.

Bababos mengoptimalisasi teknologi yang mengintegrasikan teknologi dan model bisnis konvesional. Bababos mendigitalisasi semua proses pengadaan dan memanfaatkan teknologi dan data untuk mengelompokkan permintaan secara akurat berdasarkan kebutuhan bahan baku dan persebaran geografis. Hal ini memungkinkan pengiriman yang lebih cepat dan tepat waktu dari pemasok ke pelanggan, memberikan pengalaman yang seamless dan menghemat biaya. Anda mau? (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved