Trends

BCA Salurkan KUR ke Pengusaha Kedai Kopi di Bali

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyalukan kredit usaha rakyat (KUR) lebih dari Rp100 juta untuk pengusaha kedai kopi di Bali. Penyerahan KUR BCA dilakukan secara simbolis oleh Kepala Pengembangan Bisnis Wilayah IV Soeherdiyanto Budi Krisnandono kepada Debitur Lamriah Ester Febrianti di Kuta, Bali pada Selasa pekan ini.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn mengatakan penyaluran KUR BCA kepada UMKM merupakan salah satu upaya perusahaan untuk terus mendorong UMKM agar terus bersaing di pasar nasional bahkan hingga internasional. “BCA percaya dengan memperluas akses modal kepada para pelaku usaha UMKM, dapat mendorong perkembangan sekaligus mendukung geliat UMKM yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional,” ujarnya.

BCA menawarkan KUR hingga Rp500 juta dengan suku bunga yang kompetitif, mulai dari 6% efektif per tahun. Program ini juga menawarkan keuntungan lainnya seperti bebas biaya administrasi dan provisi, sehingga para pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan dengan lebih terjangkau. Di samping itu, BCA bekerja sama dengan lembaga channeling, yaitu KlikA2C untuk proses pengajuan pembiayaan yang cepat dan mudah.

Per Maret 2024, portofolio pembiayaan keuangan berkelanjutan BCA mencapai Rp197,4 triliun, tumbuh 9,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Capaian tersebut berkontribusi 23,5% terhadap total kredit disalurkan oleh BCA. Dari nominal tersebut, pembiayaan UMKM mencapai Rp117,7 triliun.

Hingga April 2024, BCA telah menyalurkan KUR sebesar Rp294,9 miliar atau 36,9% dari total target tahun ini. Realisasi KUR BCA tercatat bertumbuh sebesar 75,4% secara tahunan. Sebagian besar KUR BCA disalurkan untuk sektor perdagangan. BCA menargetkan dapat menyalurkan KUR hingga Rp800 miliar pada tahun ini, meningkat sekitar 11% dari tahun sebelumnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved