Trends

Upaya Pertamina Patra Niaga Menertibkan Operasional SPBE

Pertamina Patra Niaga Tertibkan SPBE. (Foto: Pertamina Patra Niaga).

swa.co.id, Jakarta- Menindaklanjuti hasil pemeriksaan oleh Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) terkait pengawasan Berat dalam Keadaan Terbungkus (BDKT), Pertamina Patra Niaga segera melakukan penertiban operasional SPBE. Langkah ini termasuk memberikan surat teguran kepada 12 SPBE yang teridentifikasi memiliki tabung gas di bawah ketentuan volume. "Pemberian sanksi berupa surat teguran ini dimaksudkan agar pengusaha SPBE segera menindaklanjuti temuan pemeriksaan. Jika tidak ada perubahan, sanksi yang lebih berat, hingga pencabutan izin usaha, bisa diberlakukan," tegas Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo pada siaran pers seperti yang dikutip pada Selasa (28/5/2024).

Direktur Jenderal PKTN, Moga Simatupang, menyatakan hal serupa. Ia menjelaskan bahwa sanksi dimulai dari teguran tertulis dan bisa berkembang hingga pencabutan izin usaha jika tidak ada tindak lanjut. "Sanksi ini berupa sanksi administratif. Teguran tertulis diberikan terlebih dahulu, dan jika tidak ditindaklanjuti, sanksi dapat berkembang hingga pencabutan izin usaha," jelas Moga.

Sanksi untuk pelanggaran tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perdagangan, Pasal 166 ayat (1) dan (2), yang mencakup sanksi administratif secara bertahap sampai pencabutan izin usaha.

Adapun 12 SPBE yang diberi surat teguran tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, Purwakarta, Padalarang, Ujung Berung, dan Cimahi. "Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk memberikan tindakan tegas bagi seluruh lembaga penyalur dan Mitra Kerja yang melanggar aturan," tegas Mars.

Mars Ega juga menambahkan bahwa Pertamina Patra Niaga akan terus meningkatkan sinergi dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian ESDM, tidak hanya dalam pengawasan, tetapi juga perbaikan sistem agar penyaluran LPG 3 kg berjalan dengan baik mulai dari pengisian di SPBE hingga ke masyarakat. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved