Technology

Halodoc Punya Vaksin Dengue Lewat Home Lab & Vaksinasi

Infografis : Halodoc

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia terus meningkat sejak awal tahun, dengan jumlah kasus dan kematian meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga awal Mei 2024, tercatat lebih dari 91 ribu kasus dan 641 kematian akibat DBD. Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi habitat ideal bagi nyamuk Aedes Aegypti. Oleh karena itu, selain melakukan 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur), vaksinasi menjadi langkah strategis yang dapat dilakukan masyarakat untuk melindungi diri.

dr. Monica Cynthia menyatakan vaksin merupakan solusi preventif yang efektif melindungi diri dari DBD. Studi menunjukkan bahwa antibodi dalam vaksin dapat melemahkan virus dengue, sehingga mencegah komplikasi serius. Data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM) menunjukkan vaksin dengue memiliki efikasi hingga 80,2% untuk pencegahan DBD dan mampu mencegah kasus rawat inap akibat virus dengue hingga 95,4%. Ini menunjukkan pentingnya vaksin dengue dalam upaya pencegahan DBD di masyarakat.

Sebagai ekosistem layanan kesehatan digital, Halodoc memudahkan akses vaksin dengue melalui layanan Home Lab & Vaksinasi. Veronica Sari Utami, Chief Operating Officer Halodoc, mengatakan pihaknya berkomitmen membantu masyarakat tetap sehat, kami ingin berperan dalam penanganan lonjakan kasus DBD. "Halodoc menyediakan akses vaksin dengue yang dapat dimanfaatkan dengan mudah di rumah atau kantor. Kami memastikan vaksin yang tersedia telah terdaftar di BPOM dan aman," ucap Veronica di Jakarta, baru-baru ini.

Monica, pada pernyataan tertulisnya, menyebutkan vaksin dengue dapat diberikan kepada masyarakat berusia 6 hingga 45 tahun yang sehat dan tidak memiliki alergi terhadap vaksin. Namun, vaksin ini tidak disarankan untuk ibu hamil, individu dengan kondisi imunokompromais, dan penderita HIV yang tidak menjalani terapi ARV. "Setelah vaksinasi, mungkin muncul efek samping seperti nyeri di tempat suntikan, sakit kepala, malaise, demam ringan, dan lainnya. Jika terjadi, masyarakat dapat berkonsultasi dengan dokter," tambah Monica.

Untuk memastikan keamanan vaksinasi dengue, Halodoc juga menyediakan fasilitas konsultasi dengan dokter. "Dalam layanan Home Lab & Vaksinasi Halodoc, konsultasi dengan dokter adalah bagian integral dari proses vaksinasi. Ini bertujuan untuk memastikan kelayakan pengguna untuk mendapatkan vaksin dan mencegah efek samping serius. Dengan adanya pemeriksaan oleh dokter profesional sebelum dan setelah vaksinasi, diharapkan pengguna merasa lebih aman," sebut Veronica. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved